Jelang Libur Panjang, Menhub Antisipasi Penularan Covid-19 di Perjalanan

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 15:06 WIB
loading...
Jelang Libur Panjang, Menhub Antisipasi Penularan Covid-19 di Perjalanan
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar peningkatan laju penularan pandemi Covid-19 tidak terjadi lagi dalam liburan panjang akhir bulan Oktober nanti. Lalu bagaimana pemerintah mengantisipasi dan mempersiapkan transportasi agar tidak ada penularan pandemi?

Terkait hal itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut pihaknya telah melakukan berkoordinasi dengan berbagai pihak guna memastikan dan memenuhi protokol kesehatan dengan baik.

"Kami tidak ingin di satu sisi senang. Lalu satu sisi ada gelombang kedua atau penularan besaran Covid-19," ujar dia dalam telekonferensi, Jumat (23/10/2020).

(Lihat grafis: Potensi Meledaknya Kasus Baru Covid-19 Terbuka saat Libur Panjang )

Maka itu, pihaknya akan mengundang operator dari transportasi darat, udara dan laut. Hal itu untuk menyampaikan pesan-pesan soal kehati-hatian penularan virus corona. Di mana apabila ada operator yang tidak sesuai dengan sektor masing-masing ada sanksi dilakukan.

"Besok saya akan mengumpulkan seluruh Dishub di seluruh Indonesia. Kami juga ingin kehati-hatian ini bisa dilakukan sampai ke Papua. Peningkatan penularan Covid-19 memang berpotensi terjadi saat dalam perjalanan," ungkap dia.

Budi juga menigingatkan agar masyarakat yang akan melakukan rekreasi harus dengan protokol kesehatan dengan baik. "Jadi kami dengan Polri akan melepas pasukan di berbagai tempat," tandas dia.



Sebelumnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengeluarkan Surat Edaran kepada seluruh gubernur untuk mengantisipasi potensi terjadinya kenaikan kasus Covid-19 pada saat libur panjang dan cuti bersama pada akhir Oktober 2020.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)