Mau Tahu Seluk Beluk Pasar Modal, Cek CMSE 2020 Virtual yang Berakhir Besok

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 22:19 WIB
loading...
Mau Tahu Seluk Beluk Pasar Modal, Cek CMSE 2020 Virtual yang Berakhir Besok
Capital Market Summit & Expo (CMSE) yang kali ini diadakan secara virtual menjadi sarana edukasi dan keterbukaan informasi tentang seluk beluk pasar modal Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Acara tahunan Capital Market Summit & Expo (CMSE) yang kali ini diadakan secara virtual di tengah pandemi pada 19-24 Oktober 2020 merupakan respon dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Self Regulatory Organization (SRO) terhadap dampak dari pandemi Covid-19. Bursa Efek Indonesia (BEI) , sebagai salah satu pihak penyelenggara CMSE 2020 menyebut gelaran secara virtual memberikan pengalaman baru mengenai edukasi pasar modal di tengah pandemi.

“BEI melaksanakan seluruh kegiatan edukasi secara full digital, dan kali ini, CMSE 2020 pun kami mencoba dengan sebaik-baiknya 'memindahkan' pengalaman event CMSE 2019 sebelumnya yang dilakukan secara fisik, menjadi secara full virtual,” ujar Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi, saat dihubungi, Jumat (23/10/2020).

(Baca Juga: Anak Milenial Lebih Tergoda Gaya Hidup Konsumtif Dibanding Investasi )

Hasan menerangkan, konsep dan desain CMSE 2020 merupakan sarana edukasi dan keterbukaan informasi melalui rangkaian kegiatan summit dan expo yang inklusif, serta mampu menjangkau seluruh investor dan masyarakat luas di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital.

“CMSE 2020 virtual ini tetap mengedepankan user experience yang baik, sehingga sekalipun dilakukan secara virtual, para pengunjung event CMSR 2020 ini tetap dapat mengalami user experience seperti jika event ini diselenggarakan secara fisik, dalam kondisi normal,” tambahnya.

Senada dengan Hasan Fawzi, Ketua Dewan Asosiasi Pelaku Reksadana dan Investasi Indonesia (APRDI) Prihatmo Hari Mulyanto mengatakan, acara CMSE 2020 sangat bagus karena inovatif, kreatif, dan efektif. Karena diselenggarakan secara virtual, kegiatan ini dapat menjangkau target pasar masyarakat yang sangat luas.

“Apalagi segmen anak muda yang dituju, sangat baik untuk menyiapkan basis investor yang kuat di masa mendatang,” sambungnya.

(Baca Juga: CMSE 2020 Digelar Virtual, Calon Investor Pasar Modal Nikmati Pengalaman Baru )

Prihatmo berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi kegiatan edukasi dan inklusi pasar modal yang bermanfaat untuk masyarakat seperti CMSE 2020. “Harapan saya bisa lebih sering diselenggarakan acara seperti ini,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Komisaris BEI Pandu Patria Sjahrir, kegiatan CMSE yang diselenggarakan secara virtual merupakan suatu inovasi bursa yang sangat bagus karena dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

“Sebab, acara virtual ini memudahkan masyarakat yang memiliki keterbatasan jarak untuk dapat mengenal pasar modal dan stakeholder-nya lebih dekat. It’s a good experience and a good opportunity,” imbuhnya.

Dengan demikian, Pandu pun mengapresiasi penyelenggaraan CMSE 2020 yang mengedepankan inovasi di tengah pandemi Covid-19. “Ini adalah salah satu contoh kondisi yang harus disadari oleh seluruh instansi maupun organisasi agar mampu mengadopsi layanan digital yang ada agar tetap bertumbuh dan meraih tujuan yang diinginkan,” tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)