Bendungan Ladongi Siap Wujudkan Mimpi Petani

Selasa, 27 Oktober 2020 - 11:14 WIB
loading...
Bendungan Ladongi Siap Wujudkan Mimpi Petani
Kementerian PUPR melalui Ditjen SDA membangun Bendungan Ladongi untuk memastikan ketersediaan air untuk mengelola sawah di Sulawesi Tenggara supaya rakyat sejahtera
A A A
KENDARI - Pemerintah berkomitmen menjaga ketersediaan stok pangan nasional atau yang dikenal dengan swasembada pangan. Untuk itu melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA), membangun Bendungan Ladongi. Bendungan tersebut dibangun untuk memastikan ketersediaan air untuk mengelola sawah di Sulawesi Tenggara.

Seperti kita ketahui, Sulawesi Tenggara memiliki potensi lahan pertanian khususnya persawahan. Bendungan yang berlokasi di Kabupaten Kolaka Timur tersebut menjadi bendungan pertama di Sulawesi Tenggara.

Kabupaten Kolaka Timur yang terbentuk pada tahun 2013 merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Kolaka, jaraknya kurang lebih 120 kilometer di sebelah barat Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, Kendari.
Bendungan Ladongi Siap Wujudkan Mimpi Petani

Jika ditinjau dari letak infrastruktur dan geografisnya, Kabupaten Kolaka Timur mempunyai luas Daerah Irigasi (DI) yang cukup luas dan potensi air di Sungai Ladongi yang cukup baik untuk mendukung pertanian.

Bendungan Ladongi dapat menampung air sebanyak 45 juta meter kubik yang akan mengairi daerah irigasi existing seluas 2212 hektar dan daerah irigasi pengembangan seluas 1392 hektar.

Selain itu, Bendungan Ladongi juga akan memasok air baku sebesar 0,12 meter kubik per detik untuk Kecamatan Ladongi dan Kecamatan Tirawuta, juga untuk pengendalian banjir, PLTMH sebesar 1365 KWH, dan objek pariwisata di Kabupaten Kolaka Timur.

Kehadiran Bendungan Ladongi merupakan suatu kebanggaan bagi warga di sana karena akhirnya bisa memenuhi impian warga Sulawesi Tenggara, terkhusus Ladongi dan sekitarnya untuk memiliki bendungan di tanah tempat tinggal mereka.

Pembangunan Bendungan Ladongi merupakan salah satu upaya Ditjen SDA untuk menyiapkan Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi swasembada pangan di Indonesia.

Selain Ladongi, Ditjen SDA melalui BWS Sulawesi IV Kendari juga sedang membangun dua bendungan lainnya yaitu Bendungan Ameroro dan Pelosika. Kini, Ladongi siap menghidupkan mimpi-mimpi para petani di daerah ini agar lebih semangat meningkatkan hasil produksi dari sawah mereka.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0701 seconds (0.1#10.140)