Restart, Saatnya Membangun Kembali Ekonomi Kreatif

loading...
Restart, Saatnya Membangun Kembali Ekonomi Kreatif
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Sembilan tahun berkomitmen mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatifdi Indonesia, tahun ini IdeaFest kembali diselenggarakan secara virtual mengusung tema 'Restart'. Acara ini digelar pada 5-15 November 2020. (Baca juga:Resmikan Pindang Sedulur, Wakil Gubernur Sumsel Berharap Buka Lapangan Kerja)

Acara itu bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif dan kewirausahaan dengan melibatkan generasi muda guna mewujudkan perubahan positif bagi Indonesia.

Co-Chairman IdeaFest Ben Soebiakto menyebut tema 'restart' diangkat untuk mengajak masyarakat memulai dan kembali membangun ekonomi. Berbagai sektor akan mempertimbangkan bagaimana mereka tidak hanya untuk bertahan di situasi pandemi, tetapi juga melihat 2020 sebagai peluang baru.

"Peran ekonomi kreatif sangat penting dalam proses pembangunan. Salah satu cara untuk dapat bertahan melewati masa pandemi ini adalah dengan tetap produktif, kreatif, dan inovatif," ujar dia dalam telekonfrensi, Selasa (27/10/2020).



Menurut dia, produktivitas di tengah pandemi ini melahirkan banyak wirausaha ekonomi baru. Melalui kerja sama dengan Kemenparekraf, sebagai dukungan dari pemerintah, untuk mendukung pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif, IdeaFest menyediakan akses informasi dengan beragam konten dan program yang dapat menginspirasi masyarakat.

"Sehingga kegiatan ini dapat mendorong dan memberikan dampak ekonomi, termasuk keterlibatan generasi muda dalam komunitas kreatif di Indonesia," ungkap dia. (Baca juga:Bawaslu Beberkan Tren Pelanggaran Netralitas ASN)

Dia menambahkan, konsistensi IdeaFest 2020 ini sebagai festival kreatif di Indonesia memandang bahwa industri kreatif & UMKM sebagai salah satu cara untuk mendorong pembangunan yang transformatif.



"Jadi mengusung tema ‘Restart', kami juga berfokus terhadap pengembangan generasi muda dan youth entrepreneurship. Industri kreatif Indonesia di berbagai sektor saat ini banyak diciptakan oleh generasi muda. Karena itu, IdeaFest memberikan mereka wadah untuk mendapatkan informasi, mengembangkan keterampilan, dan menciptakan kolaborasi," tandas dia.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top