Hey! Instansi Pemerintah, Beli Dong Produk UMKM

Rabu, 28 Oktober 2020 - 02:11 WIB
loading...
A A A
(Baca Juga: Menteri Teten Ungkap Kunci yang Bisa Pulihkan UMKM, Apa Itu? )

UKM Award sebagai upaya kurasi dan pencarian brand-brand terbaik dari masing-masing daerah yang memiliki potensi besar menjadi Local Heroes UMKM. Di UKM Award 2020 ada 5 kategori penghargaan yaitu Fesyen & Apparel, Jasa, Kuliner, Makanan & Minuman Kemasan, Produk Kosmetik & Spa serta UMKM terbaik dari daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Di samping itu melakukan inovasi dalam ekosistem digital juga terus digalakkan, salah satunya dengan program Pahlawan Digital yang menghadirkan perusahaan rintisan lokal yang menjadi inovator solusi teknologi dan membantu kegiatan usaha UMKM.

Teten di sisi lain menegaskan pentingnya penyederhanaan proses registrasi (marketplace dan e-katalog) dan penambahan mitra marketplace utamanya yang dapat menjangkau daerah.

Pelatihan dan pendampingan intensif untuk penyedia UMKM secara langsung (ToT untuk Pendamping) serta penerbitan regulasi KKP untuk pemerintah daerah juga mendesak dilakukan.
Hal lain yang perlu dilakukan yakni sosialisasi atau training kepada seluruh stakeholder yang bertanggung jawab atas pengadaan barang dan jasa terkait implementasi aplikasi baru (Bela Pengadaan). Juga sosialisasi kepada Inspektorat/ Bagian Keuangan, BPK, KPK, dan BPKP terkait implementasi pengadaan secara elektronik/ digital.

“Perlu diterbitkan instruksi dari masing-masing kepala daerah terkait implementasi pengadaan untuk Koperasi UMKM,” tukas Teten.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)