Pesan Menhub Saat Libur Panjang: Jangan Pulang Sama-sama di 1 November 2020

Kamis, 29 Oktober 2020 - 18:42 WIB
loading...
Pesan Menhub Saat Libur Panjang: Jangan Pulang Sama-sama di 1 November 2020
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berpesan, kepada warga yang memanfaatkan libur panjang jangan pulang bersama-sama di tanggal 1 November. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memproyeksikan, arus balik kedatangan penumpang ke Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan terjadi tanggal 1 dan 2 November 2020. Menhub mengatakan, sesuai pesan Presiden agar libur panjang ini bisa berlangsung dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan jumlah tiket penumpang yang sudah terjual mencapai lebih dari 4.000 tiket perharinya," ujar Menhub Budi di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

(Baca Juga: Libur Panjang, Lonjakan Penumpang Kereta Api Bakal Terjadi di 3 Stasiun Ini )

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai libur panjang. "Saya apresiasi KAI dan pengelola Terminal Kampung Rambutan yang telah dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik,” jelas Menhub.

Menhub mengungkapkan, Stasiun dan terminal telah menyediakan fasilitas seperti penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengaturan jarak tempat duduk, dan informasi terkait kewajiban memakai masker. Diharapkan, dengan tersedianya fasilitas tersebut, dapat menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

“Kami berkoordinasi dengan Dishub dan Polisi, untuk melakukan random check terhadap penerapan protokol pada transportasi massal maupun kendaraan probadi. Kalau mobil pribadi di cek apakah mereka menggunakan masker atau tidak," ungkapnya.

(Baca Juga: Menhub Antisipasi Cuaca Ekstrem, Penyelenggara Transportasi Diperingatkan )

Pada kesempatan tersebut, Menhub juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 1 November mendatang. “Untuk itu seyogyanya jangan pulang bersama-sama di tanggal 1 November, karena akan penuh sekali. Saya harapkan ada yang bisa pulang lebih awal,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)