Pariwisata Mulai Pulih, Ekonomi Ikut Terungkit

Jum'at, 06 November 2020 - 03:00 WIB
loading...
Pariwisata Mulai Pulih, Ekonomi Ikut Terungkit
Menko Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan tren pemulihan ekonomi akan terlihat pada kuartal IV 2020. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan hal itu terlihat dari kondisi sektor pariwisata yang mulai pulih.

"Kemudian lanjut sektor pariwisata, ya ini masih terdampak namun sudah ada perbaikan di bandingkan yang lalu," kata Airlangga dalam video virtual, Kamis (5/11/2020).

Selanjutnya, Purchasing Managers' Index (PMI) sudah terlihat. Hal itu terlihat dari penjualan kendaraan bermotor yang meningkat. "Kemudian kita lihat Indeks lain, PMI kita sudah meningkat, ini PMI nya BI terus meningkat, kemudian penjualan kendaraan bermotor juga sudah lebih baik, kemudian penjualan ritel juga meningkat, demikian pula indeks keyakinan konsumen, dan bahan baku dan bahan penolong juga naik, menunjukkan industri sudah mulai," bebernya.



Dia menambahkan sejumlah negara, bersama Indonesia, meski masih dalam zona negatif, tapi pertumbuhan ekonomi yang membaik pada kuartal III 2020 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. "Jadi hampir semua negara tren positif. Artinya dunia sudah mulai recovery dan itu sejalan dengan Indonesia juga," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)