Sebanyak 2.200 Anak TNI Polri Raih Dana Pendidikan BUMN

Selasa, 10 November 2020 - 17:58 WIB
loading...
Sebanyak 2.200 Anak TNI Polri Raih Dana Pendidikan BUMN
Pemberian Program Beasiswa simbolis diberikan kepada beberapa putra dan putri TNI dan Polri berprestasi di Kantor Kementerian BUMN RI, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Didorong oleh simpati terhadap perjuangan para prajurit TNI dan anggota Polri yang bekerja keras mengamankan Tanah Air dan bahkan mengharumkan nama baik bangsa di kancah internasiona, 34 BUMN bersatu menyisihkan sebagian dari hasil usahanya untuk menyelenggarakan “Program Beasiswa Perguruan Tinggi Bagi Putra dan Putri TNI dan Polri”.

Melalui program inilah, kini 2.200 putra dan putri prajurit TNI dan anggota Polri yang terpilih akan memperoleh bantuan dana pendidikan. Program Beasiswa ini secara simbolis diberikan kepada beberapa putra dan putri TNI dan Polri berprestasi di Kantor Kementerian BUMN RI, Jakarta, Selasa (10/11/2020), bersamaan dengan Peringatan Hari Pahlawan.

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri BUMN Erick Thohir, Aster Panglima TNI - Mayjen TNI Madsuni, serta Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia - Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan. Hadir juga direksi dari BUMN-BUMN yang menjadi penyedia beasiswa, termasuk direksi BNI sebagai koordinator Program tersebut yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN.

(Baca Juga: 9 BUMN Dapat Suntikan Dana Rp42,38 Triliun, Kemenkeu: Bukan Pemborosan)

"Hari ini saya juga merasa bangga, bahwa di tengah pandemi dan hiruk-pikuk penanganannya, BUMN terus membuktikan kontribusinya terhadap negeri. Kali ini melalui penyerahan beasiswa untuk putera-puteri berprestasi dari keluarga TNI dan Polri," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulis.

Tidak kurang dari 34 BUMN membuktikan diri untuk selalu peduli dan menjadi bagian dari keluarga besar TNI Polri. Beasiswa ini diberikan kepada putera-puteri TNI/Polri yang masih aktif bertugas.

"Dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman di 34 BUMN, yang telah bersama menginisiasi program yang sarat manfaat ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar TNI Polri atas dedikasi luhurnya dalam menjaga kesatuan NKRI," ujar Erick.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menyebutkan bahwa melalui program ini, beasiswa diberikan kepada anak anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU aktif, dan Polri dengan jumlah total peserta sebanyak 2.200 mahasiswa. Di mana setiap anak mendapatkan beasiswa sebesar Rp5 juta. BNI sendiri menyalurkan bantuan pendidikan kepada 160 mahasiswa dengan nilai Rp800 juta.

“Ini merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap tanggung jawab bela negara yang dibebankan kepada anggota TNI dan Polri, sekaligus menjadi upaya BUMN dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul melalui Pendidikan,” ujarnya.

(Baca Juga: Sinergi dengan Kemendag, BNI Fokus Pemberdayaan UMKM Go Ekspor)

Beasiswa ini diberikan kepada anak-anak TNI dan Polri yang berada di 34 provinsi di Indonesia, dimana para mahasiswa tersebut merupakan putra-putri kandung anggota TNI dan Polri aktif dengan Pangkat Orang Tua maksimal Perwira Pertama atau setingkat. Penerima bantuan pendidikan adalah mahasiswa Perguruan Tinggi untuk Level DIII dan SI, minimal di Semester III dengan IPK ≥ 3,00.

Saat ini tercatat berbagai prestasi TNI dan Polri yang patut menjadi perhatian, yaitu prestasi Tidak terkalahkan dalam lomba Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 10 kali berturut-turut (TNI). Konsisten dilibatkan PBB dalam berbagai misi dunia (TNI). Masuk dalam 15 besar kekuatan militer terbesar di dunia (TNI). Indonesia menempati peringkat 9 dari 142 negara teraman 2017 di dunia diatas Denmark, China, Belanda, hingga Jepang menurut versi survey Gallup (Polri).
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)