Sudah 65%, Mobil Listrik Keluar dari Pabrik Hyundai di Bekasi 2022

Senin, 16 November 2020 - 17:20 WIB
loading...
Sudah 65%, Mobil Listrik Keluar dari Pabrik Hyundai di Bekasi 2022
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berpose di samping mobil listrik Hyundai dalam peringatan Hari Listrik Nasional di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (2/11) lalu. Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai , siap memproduksi mobil listrik pertama di Indonesia pada 2022. Saat ini perkembangan pembangunan pabriknya di Kawasan Industri Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sudah mencapai 65%.

Pabrik Hyundai di Cikarang itu ditargetkan rampung akhir 2021 dan langsung memproduksi mobil Hyundai dan mobil listrik yang bakal dijual di Indonesia.

"Sesuai rencana pertama, akhir tahun depan bisa mulai produksi mobil lokal Hyundai di Indonesia dan tahun 2022 mulai produksi mobil listrik di Indonesia dan jual lokal," ujar COO & Vice President Hyundai Motor Asia Pasific Lee Kang Hyung dalam West Java Investment Summit (WJIS) 2020 yang digelar secara live streaming dari Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Senin (16/11/2020).

(Baca Juga: Yang Perlu Diketahui Konsumen Indonesia, Saat Isi Ulang Baterai Hyundai Listrik)

Menurut Lee, pembangunan pabrik Hyundai dengan total investasi sebesar Rp19,3 triliun tersebut dapat terwujud berkat dukungan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan pemerintah daerah serta kementerian terkait.

"Meskipun masih dalam (pandemi) Covid-19, dengan dukungan penuh Gubernur (Jabar) dan kementerian terkait, Hyundai Motors sudah mulai membangun pabrik di Delta Mas Cikarang, 65 persen sudah selesai," ujarnya.

Lee menyebut, dukungan penuh pemerintah dan infrastruktur penunjang yang lengkap menjadi alasan pihaknya membangun pabrik di Provinsi Jabar. "Kenapa kami memilih Jabar? karena kami didukung penuh pemerintah, infrastruktur penunjangnya pun lengkap," jelasnya.

Dia pun mengapresiasi Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang telah membeli mobil listrik Hyundai sekaligus mengumumkan keunggulan mobil listrik Hyundai kepada masyarakat.

"Pak Gubernur sudah belanja mobil listrik pertama di Indonesia. Saya berterima kasih kepada Pak Ridwan Kamil sebagai Gubernur. Ini memang bisa jadi kerja sama antara swasta dan goverment, bisa memperkenalkan mobil listrik kepada umum dan negara, ini merupakan perjanjian kuat dari Ridwan Kamil," tandasnya.

Diketahui, dalam peringatan Hari Listrik Nasional di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mewajibkan penggunaan mobil dan motor listrik untuk kendaraan dinas di lingkungan Pemprov Jabar mulai 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)