Luhut Proyeksi Kurva Angka Positif Corona Bakal Turun di Pertengahan Mei

Minggu, 10 Mei 2020 - 20:24 WIB
loading...
Luhut Proyeksi Kurva Angka Positif Corona Bakal Turun di Pertengahan Mei
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyakini, kurva kasus positif pada virus corona (Covid-19) akan segera turun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyakini, kurva kasus positif pada virus corona (Covid-19) akan segera turun. Dia menekankan kurva angka positif corona akan turun pada pertengahan Mei 2020.

Pemerintah sendiri telah melakukan simulasi dan perencanaan terkait rencana relaksasi pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama beberapa waktu. “Berdasarkan modelling kita, pada minggu ketiga atau keempat bulan Mei jumlah kasus akan mengalami penurunan,” kata Luhut di Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Dia melanjutkan, jika kurva angka positif covid-19 menurun, maka pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini bisa dilakukan. Namun, hal itu masih sangat bergantung pada disiplin masyarakat dalam melakukan social distancing dan protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan lainnya.

“Karena dari hasil sebuah penelitian, 60% penularan virus ini dapat dihentikan dengan penggunaan masker yang baik,” katanya.

Dia meminta, kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menaati protokol kesehatan dan kebijakan social distancing dengan disiplin. Menurutnya, kunci pelonggaran PSBB ke depannya akan dipegang oleh masyarakat sendiri dan ketaatan masyarakat dalam melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Penyebaran Covid-19 dapat ditekan mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga hingga ke masyarakat luas. Semangat kegotongroyongan Indonesia yang sempat terlupakan harus kita tumbuhkan lagi di tengah kondisi pandemi seperti ini,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)