Pelabuhan, Terminal, Rumah Sakit dan TPP Raih Penghargaan dari Kemenkes

Rabu, 18 November 2020 - 16:33 WIB
loading...
Pelabuhan, Terminal, Rumah Sakit dan TPP Raih Penghargaan dari Kemenkes
Pemerintah memberikan penghargaan bidang kesehatan lingkungan tahun 2020, yang telah melibatkan lintas sektor. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya untuk mendorong implementasi kesehatan dan lingkungan di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk, pada tempat dan fasilitas umum di antaranya, Pelabuhan (Pelabuhan Laut dan Bandar Udara), rumah sakit/fasyankes hingga terminal serta Tempat Pengelolaan Pangan (TPP).

Berkenaan itu, pemerintah memberikan penghargaan bidang kesehatan lingkungan tahun 2020, yang telah melibatkan lintas sektor antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan , Kementerian Lingkungan Hidup, higga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

(Baca Juga: Perlu Ada Inovasi Transportasi Umum di Era New Normal )

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan inisiasi ini, juga berguna sebagai bentuk pencegahan Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di tempat fasilitas umum.

"Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini bisa menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum," ujar Menteri Terawan dalam sambutan "Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020" secara virtual.

Penghargaan tersebut, menurut Terawan juga sebagai bentuk dukungan dan apresiasi bagi stakeholder terkait untuk terus memperbaiki protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Seperti, terminal dan pelabuhan sehat, hingga pelayanan yang bebas alat kesehatan bermerkuri.

"Sehingga fasilitas umum memberikan kesehatan bagi masyarakat dan menekan penyebaran Covid-19 di masa pandemi yang belum berakhir ini," imbuhnya.

(Baca Juga: Protokol Ketat di Angkutan Darat, Dirjen Budi: Tidak Sembarang Orang Bisa Masuk Terminal )

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambahkan, upaya yang dilakukan ini memang penting untuk didorong oleh berbagai kementerian atau lembaga terkait. Selain itu, kebijakan yang terintegrasi dalam protokol kesehatan lingkungan ini pun perlu terus dioptimalkan.

"Agar semua pihak bisa menerapkan kesadaran, jangan kendor mengimplementasikan protokol kesehatan," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)