Pertama Kali, Trump akan Ikuti KTT APEC Pekan Ini

Kamis, 19 November 2020 - 05:31 WIB
loading...
Pertama Kali, Trump akan Ikuti KTT APEC Pekan Ini
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump berencana mewakili Amerika Serikat (AS) dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) virtual Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pekan ini.

Presiden China Xi Jinping juga akan hadir dalam acara tersebut. Partisipasi Trump dalam forum APEC yang diselenggarakan secara virtual oleh Malaysia pada Jumat akan menjadi yang pertama di acara tersebut sejak 2017, satu-satunya saat dia berpartisipasi.

Berita itu muncul setelah pemerintahan Trump menghadapi kritik karena partisipasi level rendah pada KTT Asia Timur akhir pekan lalu, saat 15 negara menandatangani kesepakatan perdagangan regional yang didukung China.



"POTUS sedang menjalankan APEC," ungkap seorang pejabat AS, yang tidak ingin disebutkan namanya, menggunakan singkatan dari Presiden Amerika Serikat. (Baca Juga: Pennsylvania Tolak Gugatan Hukum Trump Terkait Pemilu)

Gedung Putih menolak berkomentar. Saat rencana saat ini adalah agar Trump mengambil bagian di APEC, presiden dari Partai Republik itu disibukkan dengan gugatan hukum untuk menolak kekalahannya dalam pemilu presiden 3 November. (Lihat Infografis: Obama: Cuma Diktator yang Lakukan Apa Saja demi Berkuasa)

Di masa lalu, Trump berubah pikiran tentang ikut serta dalam pertemuan semacam itu. (Lihat Video: KA Gajayana Meluncur Sendiri Tanpa Lokomotif Tabrak Alat Berat)

Xi dijadwalkan menjadi salah satu peserta dalam pertemuan para pemimpin APEC pada Jumat dan juga akan berpidato di konferensi kepala eksekutif mulai Kamis.

KTT APEC tahun lalu, yang seharusnya dihadiri Trump, tidak terjadi karena Chili mundur dari posisi sebagai penyelenggara saat protes jalanan kian memburuk dan penuh kekerasan.

Wakil Presiden AS Mike Pence mewakili Amerika Serikat di APEC pada 2018 di tengah meningkatnya ketegangan AS-China, yang telah memburuk ke level terburuk dalam beberapa dekade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)