6 Perusahaan Automotif Siap Ekspor 600.000 Unit Mobil Lewat Patimban

Sabtu, 21 November 2020 - 05:53 WIB
loading...
6 Perusahaan Automotif Siap Ekspor 600.000 Unit Mobil Lewat Patimban
Ada sekitar 600.000 unit mobil yang nantinya bakal diekspor melalui Pelabuhan Patimban hingga 2025 mendatang. Adapun total nilai ekspornya sebesar Rp110 triliun yang bisa diekspor melalui Pelabuhan Patimban. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pelabuhan Patimban tengah dikebut pembangunannya agar segera bisa beroperasi. Sebab hal ini sudah ditunggu oleh para pelaku industri khususnya automotif .

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alay Transportasi dan Elektronika (Dirjen ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Taufiek Bawazier mengatakan, hingga saat ini, sudah ada enam perusahaan yang menyatakan akan mulai menggunakan Pelabuhan Patimban untuk kegiatan bisnisnya. Namun dirinya tidak menyebutkan secara rinci perusahaan tersebut.

“Saat ini sudah enam perusahaan yang memastikan akan langsung menggunakan pelabuhan seusai diresmikan nanti,” ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (20/11).

(Baca Juga: Selain Tol, Pelabuhan Patimban Juga Akan Ditopang Jalur Kereta Api )

Ada sekitar 600.000 unit mobil yang nantinya bakal diekspor melalui Pelabuhan Patimban hingga 2025 mendatang. Adapun total nilai ekspornya adalah sebesar Rp110 triliun yang bisa diekspor melalui Pelabuhan Patimban.

"Patimban nanti bisa paling tidak bisa mengekspor sekitar 600.000 unit. Artinya kalau dikurskan sekarang berarti kita bisa mencapai angka di atas Rp110 triliun dari Patimban untuk waktu dekat saja, sekitar 2025," kata Taufie.

Oleh karena itu, Taufiek menilai Pelabuhan Patimban harus mendukung sektor otomotif dengan mengedepankan konsep artifisial intelijen. Sehingga perlu persiapan matang sebelum Pelabuhan ini benar-benar beroperasi.

"Karena ini setup baru sehingga semuanya bisa artifisial intelijennya bisa dipakai, semuanya terdigitalisasi, semuanya bisa dilihat dengan cepat dan proses keputusannya juga bisa diambil cepat, baik dari sisi pengusaha maupun operator," jelasnya.

(Baca Juga: Pasar Mobil Mulai Membaik, Optimistis Bangkit Tahun Depan )

Saat ini saja lanjut Taufiek, tanpa adanya Pelabuhan Patimban, industri otomotif sudah dapat melakukan ekspor mobil sebesar 332.000 unit mobil. Sehingga diharapkan dengan adanya Pelabuhan Patimban target ekspor 1 juta unit pada 2025 akan mudah dicapai.

"Dengan optimalisasi di Pelabuhan Patimban maka akan mendorong peningkatan produksivitas industri. Digitalisasi juga penting dikembangkan agar pengambilan keputusan baik dari sisi pengusaha dan operator dapat terjadi secara cepat," jelasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)