Siapa Saja yang Dapat Vaksin Covid Gratis? Erick Thohir Kasih Bocorannya Nih

Selasa, 24 November 2020 - 16:56 WIB
loading...
Siapa Saja yang Dapat Vaksin Covid Gratis? Erick Thohir Kasih Bocorannya Nih
Ilustrasi vaksinasi. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mempersiapkan diri untuk pendistribusian vaksin Covid-19 kepada masyarakat, meskipun saat ini vaksin tersebut masih dalam tahap uji klinis.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dalam pendistribusian vaksin ini nantinya akan ada beberapa golongan masyarakat yang mendapatkannya secara gratis. Pertama adalah aparat keamanan seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI)/ hingga anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Selain itu, tenaga kesehatan juga akan mendapatkan vaksin Covid-19 dengan cuma-cuma. Kemudian, masyarakat Indonesia yang tidak mampu juga akan mendapatkan vaksin secara gratis.

( )

"Pemerintah mengeluarkan 2 tipe vaksinasi, pertama vaksinasi bantuan pemerintah yang ditujukan salah satunya untuk tenaga kesehatan dan semua masyarakat yang sangat membutuhkan," ujarnya dalam acara diskusi virtual, Selasa (24/11/2020).

Nantinya, pemerintah akan mengklasifikasikan orang yang tidak mampu ini dengan melihatnya dari keanggotaan BPJS Kesehatan sebagai penerima bantuan iuran (PBI).

"Semua masyarakat memang sangat dibutuhkan sesuai data BPJS kesehatan PBI bantuan iuran yang telah dibayarkan selama ini," ucapnya.

( )

Sementara itu, bagi masyarakat yang mampu tetap akan mendapatkan vaksin namun dengan cara mandiri. Artinya, masyarakat yang masuk kategori mampu ini harus membayar sejumlah uang untuk bisa diberikan vaksin Covid-19.

"Sehingga memang bisa berbayar sendiri dan ini merupakan kontribusi tidak kalah penting sebab jumlah penduduk Indonesia besar, kelompok masyarakat memiliki kemampuan lebih. Sudah seyogyanya bisa membantu pemerintah juga dengan bayar vaksin sendiri," jelasnya.

Simak juga video: Uji Klinis Belum Rampung, Izin Vaksin Covid-19 Tertunda

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)