Optimalisasi Aset Negara, Menkeu Mau Bangun Taman Umum

loading...
Optimalisasi Aset Negara, Menkeu Mau Bangun Taman Umum
Menkeu Sri Mulyani. Foto/Dok SINDOnews/Michelle Natalia
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa aset negara merupakan alat fiskal yang penting sebagai pendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk untuk menguatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang tengah kesulitan.

Pemerintah berharap dalam penggunaan anggaran dipakai untuk pembangunan sarana, prasarana dan fasilitas umum tidak hanya mendapatkan asetnya namun juga harus dapat dioptimalkan.

"Oleh karena itu, dibutuhkan asset manager yang memiliki ide inovatif, kreatif, kritik dan produktif agar aset optimal dan asetnya yang bekerja," ujar Menkeu dalam video virtual, Selasa (24/11/2020).

(Baca juga: Sri Mulyani Putar Otak agar Aset Lebih dari Rp6.000 Triilun Jadi Sumber Pendapatan )



Menurut dia, pemanfaatan aset negara tersebut tidak selalu dalam bentuk komersial. Lebih dari itu, aset negara bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya, memanfaatkan aset negara sebagai taman berkumpul warga.

"Dengan anggaran kami dapatkan aset, tapi aset itu tidak hanya kemudian berhenti, sesudah dibangun kami harus pikir bagaimana memanfaatkannya. Banyak gedung dibangun pemerintah, gedung diklat, kampus, juga berbagai fasilitas umum seperti taman umum. Kadang, setelah selesai bangun gedung kami lupa aset masih bisa optimalkan," tuturnya.

Dia menambahkan, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang merupakan salah satu BLU di bawah kementerian keuangan, merupakan lembaga yang memiliki dedikasi untuk mengelola aset negara.



(Baca juga: LMAN Sewakan 19 Unit Apartemen Sitaan Negara )

“Total nilai aset yang dikelola adalah sebesar Rp38,49 triliun. Itu adalah sebagian kecil saja, sebetulnya kalau bisa dikatakan dari asal negara yang menilainya,” tandasnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top