Program Bansos Menunjukkan Hasil, Usaha Mikro Mulai Menjamur

Rabu, 25 November 2020 - 08:35 WIB
loading...
Program Bansos Menunjukkan Hasil, Usaha Mikro Mulai Menjamur
Program-program Bantuan Sosial (Bansos) yang digulirkan pemerintah mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Program-program Bantuan Sosial (Bansos) yang digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pemerintah mengklaim berdampak positif pada menjamurnya usaha mikro di masyarakat.



Salah satunya adalah program Kewirausahaan Sosial yang digulirkan Kementerian Sosial (Kemensos) telah banyak penerima program Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah graduasi mandiri. (Baca: Diam-diam Mendoakan Orang Lain, Salah Satu Sebab Terkabulnya Doa)

“Saya melihat langsung keberhasilan program PKM di lapangan di mana penerima PKM sudah mentas dan naik kelas menjadi usaha mikro,” ungkap Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM ) Teten Masduki, di Jakarta, kemarin.

Pemilik Comring, Yani Suryani, merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah graduasi dan memiliki potensi berwirausaha dan mendapatkan stimulus melalui ProKUs (Program Kewirausahaan Sosial) dari Kemensos. “Artinya, dari program-program sosial yang sudah digulirkan pemerintah, sudah mulai terlihat ada pergerakan dan pertumbuhan di masyarakat,” tandas MenkopUKM.

Setelah naik kelas menjadi usaha mikro, Teten mendorong mereka untuk membentuk atau bergabung ke dalam wadah koperasi. “Saya berharap para pelaku usaha mikro tersebut dilembagakan ke dalam wadah koperasi. Tujuannya agar bisa lebih mendapatkan nilai ekonomis bagi usahanya,” kata Teten. (Baca juga: Ingat! Ini Batas Usia Maksimal Pendaftar PPPK Guru)

Dengan berkoperasi, lanjut Teten, para pelaku usaha mikro bisa lebih fokus dalam urusan produksi dan menjaga kualitas produk. “Urusan penyediaan bahan baku hingga pemasaran akan dikerjakan koperasi,” ujar MenkopUKM.

Teten menegaskan bahwa pihaknya akan membantu mereka dalam mendirikan koperasi. “Setelah mendirikan koperasi, maka akan bisa mendapatkan pembiayaan murah untuk usaha mikro melalui koperasi,” kata Teten.

Dalam kesempatan itu pula Teten menekankan adanya kesinambungan program antarkementerian. “Setelah dibina Kemensos melalui program kewirausahaan sosial, kini setelah menjadi usaha mikro menjadi binaan dari KemenkopUKM,” tutur Teten.

Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengungkapkan bahwa siklus program pengentasan kemiskinan sudah berjalan dan dilakukan secara tuntas. “Saat ini, penerima Bansos PKH sudah bisa mengakses KUR atau dana bergulir LPDB-KUMKM melalui koperasi,” ucap Mensos.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)