Dear Guru Honorer yang Sudah Sepuh, Ada Kabar Gembira Nih!

Kamis, 26 November 2020 - 17:39 WIB
loading...
Dear Guru Honorer yang Sudah Sepuh, Ada Kabar Gembira Nih!
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (tengah) menyapa para guru saat menghadiri puncak peringatan HUT ke-74 PGRI di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019). FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan membuka lowongan Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga pendidikan. Ada sekitar 1 juta lowongan yang akan dibuka pada tahun depan untuk guru honorer.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril mengatakan, tidak ada persyaratan untuk masa pengabdian pada seleksi PPPK ini. Artinya seluruh guru honorer boleh untuk mengikuti seleksi ini atau tidak ada batasan usia bagi yang sudah tua maupun muda. "Tidak ada syarat minimal pengabdian dan sebagainya. Semuanya (guru honorer) berhak untuk ikut seleksi PPPK tahun depan," ujarnya dalam paparan virtual, Kamis (26/11/2020).



Menurut Iwan, selama yang bersangkutan terdaftar di Dapodik, maka bisa mengikuti seleksi PPPK. Ditambah juga asalkan umurnya mencukupi, maka guru honorer tersebut bisa ikut seleksi PPPK. "Syarat untuk terdaftar di Dapodik. Terdaftar di Dapodik itu tentunya syarat utamanya," ucapnya.

Sebenarnya, syarat umur untuk mendaftar PPPK bisa sampai 59 tahun dengan minimalnya adalah 20 tahun. Yang artinya, semua orang diperbolehkan untuk mendaftarkan diri dalam seleksi PPPK. "Batasan usia itu kemarin kalau di presentasi Kemenpan RB, dari 20 tahun sampai 59 tahun," ucapnya.



Selain itu, tentunya peserta harus memenuhi syarat-syarat administrasi. Karena dalam seleksi PPPK juga akan ada beberapa tes dari mulai administrasi hingga kompetensi. "Tentunya syarat administrasi yang harus dipenuhi. Ada seleksi Administrasi dan seleksi kompetensi," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)