Bangkitkan Pariwisata Pulau Dewata

Sabtu, 28 November 2020 - 06:35 WIB
loading...
A A A
Kepala Dinas Pariwisata Bali I Putu Astawa menyambut baik upaya Kemenparekraf dan seluruh instansi terkait membantu memulihkan pariwisata di Pulau Dewata. Dia juga menilai acara seperti ICTM 2020 memberikan kontribusi positif dalam menghidupkan pariwisata Bali.

“Kami sangat mengapresiasi setulus-tulusnya atas segala upaya Kemenpar. Kami yakin event ICTM ini akan menghasilkan inspirasi dalam memulihkan industri pariwisata di Bali. Saya optimistis dengan hal ini,” ungkapnya. (Baca juga: Indonesia Ajak ASEAN Kerja Sama Tanggulangi Pandemi Covid-19)

ICTM 2020 merupakan forum diskusi yang melibatkan 30 seller dan 30 buyer. Acara yang diusung PT Biztrips Teknologi Multimedia Solusi dan PT Global Mediacom Tbk itu digelar di lima kota, yakni di Bali, Jakarta, Malang, Yogyakarta, dan Bogor dari pertengahan September hingga Desember mendatang.

“Kami ingin menginspirasi orang lain di Tanah Air untuk melakukan gerakan serupa dalam membangkitkan industri pariwisata,” ujar Ketua Pelaksana ICTM Johanes Chang yang juga Direktur Biztrips.

Managing Partner Inventure Yuswohadi mengatakan kondisi pariwisata di Bali sebelum dan selama pandemi jauh berbeda. Sebelum Maret, kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi sehingga banyak orang yang berlibur. Namun, setelah Covid-19 mewabah, masyarakat fokus memenuhi sandang, pangan, dan papan. (Lihat videonya: Lompat dari Motor, Bocah Sembilan Tahun Lolos dari Penculikan)

Memasuki masa new normal, pelaku industri pariwisata harus mampu beradaptasi. Sebab kebiasaan masyarakat berubah, mulai dari berkurangnya penggunaan uang tunai dan kartu, kerumunan yang terbatas hingga perjalanan pendek menggunakan mobil ke tempat destinasi wisata terdekat. (Muh Shamil)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)