Siap-siap! Tahun 2045 Generasi Tua Mulai 'Angslup'

Sabtu, 28 November 2020 - 15:00 WIB
loading...
Siap-siap! Tahun 2045 Generasi Tua Mulai Angslup
Ilustrasi regenerasi. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memproyeksikan regenerasi bakal terjadi pada 2045. Pada tahun itu, berdasarkan perhitungan demografi anak muda bakal mendominasi menggeser generasi tua.

Indonesia akan memiliki penduduk yang tidak hanya muda, tetapi juga produktif, yang sebagian besar atau 73% tinggal di perkotaan sebagai penguasa ekonomi. "Apabila Indonesia bisa maju terus, maka Indonesia akan menjadi negara dengan ukuran ekonomi yang sangat besar bahkan bisa masuk di dalam 5 besar dunia dengan pendapatan perkapita mencapai USD23 ribu," ujar Sri Mulyani, di Jakarta, Sabtu (28/11/2020).



Menurut dia untuk menjadi negara maju dibutuhkan persyaratan. Hal ini tidak datang tiba-tiba. "Dibutuhkan persyaratan mengenai kualitas dan ketersediaan infrastruktur yang baik, dibutuhkan kualitas sumber daya manusia yang baik, dan oleh karena itu pendidikan, kesehatan, skill, karakter menjadi luar biasa penting,” bebernya.

Dia menambahkan Indonesia saat ini sedang pada taraf negara berpendapatan menengah. Kalau dilihat dari grafik perkembangan pertumbuhan income perkapita Indonesia, ada suatu trend yang menunjukkan peningkatan menuju negara middle-upper income country.



Namun Menkeu mengingatkan bahwa hal ini tidak bisa serta merta menjadi jaminan bagi Indonesia akan secara mudah naik kelas sebagai negara berpendapatan tinggi. "Banyak negara-negara yang sudah mencapai middle income coutry selama beberapa dekade, namun sampai sekarang mereka masih tetap disana. Itulah yang disebut sebagai middle income trap," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)