Tol KLBM Beroperasi Hari Ini, Mojokerto-Gresik cuma 35 Menit

Sabtu, 28 November 2020 - 18:30 WIB
loading...
Tol KLBM Beroperasi Hari Ini, Mojokerto-Gresik cuma 35 Menit
Salah satu ruas tol KLBM saat masih dalam proses penyelesaian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Waskita Toll Road (WTR) terus melanjutkan upayanya dalam menghubungkan konektivitas pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia.Setelah berhasil membangun dan mengoperasikan jalan tol sepanjang 368 kilometer (km), kini PT Waskita Toll Road melalui Badan Usaha Jalan Tol, PT Waskita Bumi Wira (WBW) segera menghadirkan jalan tol yang berada di timur Pulau Jawa yakni jalan tol Krian – Legundi - Bunder – Manyar (KLBM) sepanjang 29 km.

(Baca juga:Ngeri! Ngantuk Masih Jadi Biang Kerok Tingginya Tabrakan Maut di Jalan Tol)

Jalan tol yang hari ini dioperasikan terdiri dari tiga seksi, yakni seksi I sepanjang 9,77 km yang menghubungkan GerbangTol Lebani Gresik (Krian) menuju Gerbang Tol Belahanrejo. Seksi II sepanjang 13,205 km yang menghubungkan Gerbang Tol Belahanrejo menuju Gerbang Tol Cerme. Seksi III sepanjang 6,025 km yang menghubungkan Gerbang Tol Cerme menuju Gerbang Tol Bunder Gresik, sehingga total panjang tol yang siap dipoperasikan sepanjang 29 km.

(Baca juga:Ditarget Operasi November 2021, Proyek Jalan Tol Akses BIJB Kertajati Mulai Dikerjakan)

“Dengan dioperasikannya jalan tol KLBM Seksi I – III (Krian – Legundi – Bunder) ini diaharapkan akan menjadi urat nadi logistik dari Kabupaten Sidoarjo menuju Kabupaten Gresik dan sebaliknya,” ujar Direktur Utama WBW Herwidiakto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/11/2020).

Jika sebelumnya pengguna tol dari arahMojokerto menuju ke arah Gresik harus memutar Jalan Tol Trans Jawa melewati Kota Surabaya dengan memakan waktu 1 jam 30 menit, maka dengan adanya Jalan Tol KLBM ini diharapkan mampu mengurangi jarak tempuh dari pengguna tol tersebut yang hanya memakan waktu 35 menit.

(Baca juga:Kementerian PUPR Siap Lelang Sembilan Ruas Jalan Tol)

“Untuk sementara, jalan Tol KLBM ini belum terkoneksi dengan jalan tol Sumo dan Kebomas yang sampai dengan saat ini masih dalam proses konstruksi,” katanya. WBW selaku BUJT pemilik konsesi dan pengelola ruas tol bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19 tetap melakukan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

“Waskita Toll Road maupun Waskita Bumi Wira tetap memperhatikan tingkat keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam setiap proyek pembangunan ruas tol,” pungkas Herwidiakto.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)