Ammana Bidik 4 Juta ASN untuk Umrah dan Belanja Kebutuhan

loading...
Ammana Bidik 4 Juta ASN untuk Umrah dan Belanja Kebutuhan
Foto/Ist
JAKARTA - Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49% (year on year/yoy). Dengan demikian Indonesia resmi masuk ke jurang resesi, setelah pada kuartal II-2020 ekonomi RI juga terkonstraksi alias negatif.

Namun secara kuartalan, ekonomi sudah mulai tumbuh sebesar 5,05% dan secara kumulatif masih terkontraksi 2,03%. Dibandingkan kuartal II-2020, realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III membaik.

Pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal III-2020 salah satunya ditopang oleh sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan jumlah yang terus bertambah di masa pandemi Covid-19. Namun amat disayangkan, hingga sekarang masih banyak pelaku UMKM kesulitan mengakses pembiayaan untuk meningkatkan produksi dan pemasaran. ( Baca juga:Tujuh Kiat Sukses ala Juragan Kebon Sirih buat Milenial )

Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengungkapkan, survei Asian Development Bank pada Juni 2020 menunjukkan bahwa 90% UMKM membutuhkan bantuan keuangan di masa pandemi Covid-19.



Dia menilai, saat ini adalah momen yang tepat untuk pelaku financial technology (Fintech) mempercepat pemulihan sektor UMKM di masa pandemi. "Ini yang perlu kita dorong. Artinya 90% UMKM membutuhkan bantuan pinjaman dan pada masa seperti sekarang peran fintech menjadi lebih penting," ajak Bhima.

Menyambut ajakan tersebut, Ammana Fintek Syariah berkolaborasi dengan AKUI--platform digital khusus berbasis Android dan iOS--untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga besar Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Melalui kerja sama ini, Ammana secara otomatis dapat memberikan akses pendanaan bagi sedikitnya empat juta pegawain negara sipil aparatur sipil negara (ASN) yang tersebar hingga seluruh pelosok negeri. Pendanaan ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan ASN, mulai dari modal usaha hingga keperluan perjalanan umrah dan haji bisa diberikan melalui aplikasi AKUI.



“Melalui kerja sama ini diharapkan mampu memacu masyarakat terutama keluarga besar Korpri untuk mengembangkan usaha rumahan. Dengan begitu, tidak hanya kesejahtraan yang meningkat, namun secara tidak langsung mereka juga turut menggerakkan roda perekonomian nasional di masa pandemi,” ujar Lutfi Adhiansyah, CEO & Founder Ammana Fintek Syariah, dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Minggu (29/11/2020).
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top