Jokowi Minta PNS Manfaatkan Teknologi Digital untuk Bekerja

Minggu, 29 November 2020 - 19:15 WIB
loading...
Jokowi Minta PNS Manfaatkan Teknologi Digital untuk Bekerja
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk memanfaatkan teknologi digital dalam membantu pekerjaannya. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 , ketika aktivitas masyarakat dibatasi untuk menghindari penularan virus.

Menurut Jokowi, dengan adanya pandemi, para pekerja termasuk ASN terpaksa harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Meskipun ada beberapa pekerjaan yang masih harus dilakukan dengan tatap muka alias work from office (WFO). ( Baca juga:Korsel Sebut Korut Eksekusi Mati Para Pelanggar Kebijakan Penguncian Covid-19 )

"Cara baru tersebut harus memanfaatkan teknologi terutama digital," ucapnya dalam acara HUT Korpri ke-49 secara virtual, Minggu (29/11/2020).

Menurut Jokowi, pandemi Covid-19 ini menjadi momen yang tepat untuk bergerak ke arah digital. Dengan transformasi digital ini diharapkan bisa menjadikan ASN yang lebih adaptif dan terampil dengan mengedepankan kreativitas.

"Di era pandemi sekarang ini adalah momentum, sebagian birokrasi harus kerja dari rumah. Mempercepat transformasi digital, menjadikan aparat birokrasi lebih adaptif dan lebih terampil memanfaatkan teknologi dengan mengedepankan inovasi dan kreativitas," jelasnya.

Apalagi saat pandemi seluruh negara dituntut untuk bekerja cepat. Karena pandemi ini mempengaruhi banyak sekali sektor, dari mulai sosial sehingga ekonomi masyarakat. ( Baca juga:AP II Pastikan Slot Terbang dan Jam Operasional Jelang Nataru )

"Dan pandemi Covid-19 memberikan momen untuk mengubah dari channel normal ke channel ekstra-normal. Dari cara-cara biasa menjadi cara cara tidak biasa. Dari prosedur yang berbelit menjadi smart shortcut yang cerdas dan sigap," jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)