Penyaluran PEN BRI Syariah Tembus Rp1Triliun dalam Tiga Bulan

Minggu, 29 November 2020 - 23:20 WIB
loading...
Penyaluran PEN BRI Syariah Tembus Rp1Triliun dalam Tiga Bulan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Bank BRI Syariah Tbk berkomitmen terus mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang digagas pemerintah. Setelah mendapat penempatan dana sebesar Rp1 triliun pada bulan September 2020, BRI Syariah telah menyalurkannya menjadi Rp1,152 trilun.

Angka itu terus meningkat di bulan berikutnya. Hingga akhir bulan November 2020, BRI Syariah telah menyalurakan dana PEN sebesar Rp1,2 triliun kepada 11.492 nasabah. BRI Syariah menyalurkan dana PEN kepada pelaku UMKM , baik produktif maupun perdagangan.

"Sekitar 41% penerima PEN adalah sektor perdagangan. Misalnya sembako dan alat kesehatan. Sementara sisanya ada di sektor produksi, pertanian, dan jasa,” jelas Dirut BRI Syariah Ngatari di Jakarta, Minggu (29/11/2020). ( Baca juga:Ammana Bidik 4 Juta ASN untuk Umrah dan Belanja Kebutuhan )

BRI Syariah berkomitmen untuk mengalokasikan dana PEN tersebut kepada pelaku UMKM. BRI Syariah menyadari bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional yang mampu menyerap tenaga kerja hingga 97% dari total tenaga kerja.

“Strategi kami untuk penyaluran PEN antara lain menggandeng komunitas pelaku usaha mikro yang membutuhkan bantuan modal serta digitalisasi yang akan semakin mempercepat proses pencairan dana melalui beberapa inovasi, seperti aplikasi i-Kurma dan Salam Digital,” ujar Ngatari.

i-Kurma adalah aplikasi untuk memproses pengajuan pembiayaan. Aplikasi ini memudahkan tenaga pemasar pembiayaan BRI Syariah untuk memeriksa data calon nasabah karena sudah terhubung secara daring dengan Dukcapil dan OJK sehingga proses keputusan menjadi lebih cepat. Adanya transformasi digital seperti aplikasi i-Kurma memberikan pertumbuhan aset, DPK, dan pembiayaan BRI Syariah di atas rata-rata nasional. ( Baca juga:Benarkah China Kalahkan AS Cs dalam Perlombaan Luar Angkasa? )

Sementara Salam Digital adalah portal pengajuan pembiayaan yang mempermudah akses permohonan nasabah secara cepat dan sesuai prinsip syariah. Salam Digital dapat diakses melalui www.salamdigital.brisyariah.co.id untuk mendapat fasilitas pembiayaan lebih mudah dan cepat.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)