Hadapi Banjir Jakarta, Menko Luhut Terapkan Taktik Militer

loading...
Hadapi Banjir Jakarta, Menko Luhut Terapkan Taktik Militer
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) disertai seluruh kementerian/lembaga serta Pemprov DKI Jakarta menggelar Tactical Floor Game (TFG) dalam menghadapi potensi banjir pada tahun 2020-2021.

"Tactical Floor Game adalah taktik militer yang bisa kita terapkan untuk dapat berkoordinasi terkait peran dari setiap pihak selama masa antisipasi perkiraan bencana banjir di DKI Jakarta mendatang," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/11/2020). ( Baca juga:Terbongkar! Benih Lobster Seharusnya Baru Bisa Diekspor Tahun 2022 )

TFG dilakukan untuk memperjelas peran dari setiap kementerian dan lembaga agar dapat memaksimalkan sumber dayanya dalam antisipasi dan pembuatan strategi untuk perkiraan bencana banjir. Dalam kegiatan ini semua pihak telah menentukan strategi dan koordinasi ke depan.

(Baca juga : Makin Babak Belur, Matahari Department Store Tutup Lagi Enam Gerainya )



Peristiwa banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta di tahun 2020 menimbulkan jumlah pengungsi sebesar 36.445 jiwa dan kerugian ekonomi yang tidak sedikit.

"Peristiwa ini yang memacu kita untuk mempersiapkan semuanya lebih baik lagi. Bencana banjir ini menjadi pekerjaan besar bagi kita semua, sehingga kita harus siap dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi di depan," ungkap dia.

BMKG akan melakukan laporan real time terkait kondisi hujan kepada seluruh kementerian dan lembaga terkait, yang akan menjadi peringatan untuk siap siaga menjalankan strategi terhadap pergerakan air dalam bencana banjir.



(Baca juga : Perang Teluk Akan Kembali Pecah? )
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top