Himbara dan Pelindo III Bakal Bikin Labuan Bajo Minimalisasi Uang Tunai

Senin, 30 November 2020 - 23:33 WIB
loading...
Himbara dan Pelindo III Bakal Bikin Labuan Bajo Minimalisasi Uang Tunai
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III bersama Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri melaksanakan penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) tentang Kerja Sama Penyediaan Layanan Jasa Perbankan dan Pengembangan Terminal Multipurpose Labuan Bajo .

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelindo III U. Saefudin Noer, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Dirut Bank BRI Sunarso, dan Wakil Dirut Bank BNI Susi Adi Sulistyowati. ( Baca juga:Pulau Bali Akan Punya Jalur KA, Pengamat: Transportasi Berbasis Rel Lebih Hemat Lahan )

Dalam Memorandum of Collaboration tersebut disebutkan bahwa para pihak sepakat ruang lingkup kerja sama meliputi pengembangan integrated e-gate system pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo, pemberian fasilitas perbankan atau layanan produk dan jasa perbankan lainnya yang disediakan oleh pihak perbankan.

Pemasangan iklan atau pemasaran produk perbankan di titik-titik strategis pelabuhan dan terminal Pelindo III, khususnya pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di lingkungan Pelindo III.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut, Terminal Multipurpose akan menjadi salah satu poin penting dalam mendukung Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super-prioritas (DPSP) bersama dengan Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Borobudur. Pengembangan Kawasan Labuan Bajo juga dipersiapkan sebagai tuan rumah G20 dan ASEAN Summit.

“Penggunaan integrated e-gate sytem pada Terminal Multipurposes Labuan Bajo akan membantu meminimalisasi uang tunai dengan menggunakan cash transaction management. Dengan begitu diharapkan tidak ada pungli dan memperbaiki SLA pelayanan di ekosistem Terminal Multipurpose Labuan Bajo,” kata Kartika, Senin (30/11/2020).

Dia bilang, Terminal Multipurpose Labuan Bajo akan memberikan dampak ekonomi dan sosial serta membuka lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar.

“Teminal Multipurpose ini merupakan wujud kolaborasi yang baik antara BUMN bersama dengan Kemenhub, Pemprov NTT, Pemkab Manggarai Barat, dan beberbagai pihak lain,” ungkapnya.

Sementara Direktur Utama PT Pelindo III U. Saefudin Noer menilai, dengan kerja sama ini dapat mengoptimalkan fasilitas pelayanan dengan diimplementasikannya e-port pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo. Kerja sama ini juga sebagai bagian dari akselerasi menuju upaya membangun Greenport Labuan Baju. ( Baca juga:Kapolri Perintahkan Tembak Mati Kelompok MIT Jika Melawan Petugas )

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Sunarso mengatakan, kolaborasi dengan Bank Himbara dalam hal integrated e-gate system agar semua transaksi dapat dilakukan secara cash less yang akan mengefiensikan, lebih cepat dan lebih transparan.

“Di Labuan Bajo nanti ada pintu masuk ke pelabuhan, itu yang akan kami buat secara elektronik yang kita sebut integrated E-Gate Sytem,”jelas Sunarso.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)