Akhir Tahun IHSG Diprediksi Bisa Tembus ke Level 6.000an

Rabu, 02 Desember 2020 - 10:18 WIB
loading...
Akhir Tahun IHSG Diprediksi Bisa Tembus ke Level 6.000an
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu (2/12/). IHSG menguat 31 poin atau 0,54% dan naik ke level 5.755.

Analis PT Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan bahwa pergerakan indeks pada perdagangan hari ini akan mengalami penguatan. Menurutnya, penguatan itu didorong oleh sentimen positif dari dalam negeri.

( Baca juga:Investor Belanja, IHSG Dibuka Menguat 0,83% )

"Ada peluang penguatan lanjutan pada perdagangan hari ini," katanya dalam Market Opening IDX Channel, Rabu (2/12/2020).

Ia menjelaskan, sentimen positif yang mendorong penguatan IHSG adalah purchasing managers index (PMI) yang menunjukan level ekspansif. Dengan level ekspansif ini diharapkan akan ada peningkatan produksi manufaktur, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan nantinya.

"Ini merupakan progres dari recovery sektor manufaktur kita," jelasnya.

( Baca juga:Fadli Zon dan Sandi Sama-Sama Cocok Jadi Menteri KKP, Prabowo Pilih Siapa? )

Selain itu, dari data inflasi kinerjanya menunjukan tren positif secara year on year (yoy). Sementara, sentimen positif dari luar yakni adanya vaksinasi yang akan dilakukan di Eropa dan Amerika serikat.

Tak hanya itu, jika dilihat secara historikal, IHSG pada Desember biasanya mengalami penguatan. "IHSG ada pada jalur up tren atau penguatan, sehingga akhir tahun atau pun awal 2021 IHSG bisa tembus ke level 6.010," tutupnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)