Infrastruktur Buruk Bikin Investor cuma Nengok-Nengok Doang

Jum'at, 04 Desember 2020 - 21:23 WIB
loading...
Infrastruktur Buruk Bikin Investor cuma Nengok-Nengok Doang
Salah satu potret jalan wilayah di Indonesia. Foto/DOK
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah saat ini. Menurut dia, pembangunan infrastruktur tidak hanya untuk membangun wilayah dan pemerataan pembangunan, tetapi juga untuk meningkatkan daya saing.

Dia menuturkan, sering kali keluhan investor yang ingin berinvestasi di Indonesia terkait persoalan infrastruktur yang belum memadai. Makanya, pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah. ( Baca juga:Jenuh dengan Ketertinggalan, Warga Ketapang Inginkan Perubahan )

"Banyak sekali menurut Pak Bahlil, Pak Presiden, investor sudah mau masuk Indonesia, tetapi begitu masuk Indonesia melihat infrastruktur air, jalan, menjadi ragu. Sehingga kami lakukan ini membangun infrastruktur untuk mengejar daya saing kita," ujar Basuki dalam Manager Forum MNC Group ke-52 yang digelar secara virtual, Jumat (4/12/2020).

Basuki melanjutkan, pemerintah juga menggenjot infrastruktur di sektor pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing pariwisata. "Kenapa kita kalah saing misalnya dengan Singapura. Padahal pariwisata kita ini kan luar biasa. Tidak ada yang bisa mengalahkan kalau di ASEAN. Tetapi karena infrastruktur yang kecil, kita dianggap tidak efisien. Biaya logistik juga tinggi," jelasnya.

Menurut dia, dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol pun dapat meningkatkan daya saing. Jarak tempuh menjadi lebih cepat karena adanya jalan tol yang menghubungkan antar-daerah. ( Baca juga:Seruan Habib Rizieq Hijrah ke Sistem Negara Tauhid, PDIP: Bisa Berkelahi )

"Sekarang misalnya orang Semarang mau makan nasi liwet sudah langsung ke Solo 45 menit. Misalnya dari Jakarta mau tugas ke daerah sekarang sudah naik mobil. Surabaya-Solo sekarang sudah ada travel. Semua sudah mengubah juga dan ini meningkatkan daya saing kita," tuturnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)