Asuransi Jasindo Selesaikan Klaim Satelit Palapa N1 Nusantara Dua

Senin, 07 Desember 2020 - 15:55 WIB
loading...
Asuransi Jasindo Selesaikan Klaim Satelit Palapa N1 Nusantara Dua
PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo telah selesaikan klaim Satelit Palapa N1 (Nusantara Dua), setelah terjadi kegagalan pada 3rd stage atas launch vehicle dan kemudian satelit hilang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo telah selesaikan klaim Satelit Palapa N1 (Nusantara Dua) . Menurut Direktur Operasional Asuransi Jasindo, Dodi Susanto menerangkan, dokumen pendukung klaim terkait Satelit Palapa N1 sudah terlengkapi.

Pembayaran klaim berdasarkan pengumpulan bukti kerugian serta telah terbitnya Proof of Loss (PoL) yang telah ditandatangani oleh PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera Group atau PSNS yang juga klien Asuransi Jasindo. “Selain itu, seluruh space underwriter internasional pun telah menyetujui dan menandatangani dokumen klaim, dan klaim diselesaikan full insured value sebesar USD35 juta,” lanjut Dodi.

Perlu diketahui, Satelit Palapa N1 meluncur dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC), Xichang, China, Kamis (9/4), namun terjadi kegagalan pada 3rd stage atas launch vehicle dan kemudian satelit hilang. Usai mendengar kabar tersebut, Asuransi Jasindo segera melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal (klien, reinsurance broker dan reinsurer) untuk penanganan klaim yang nilainya dipastikan cukup material tersebut.

Dodi memastikan, Asuransi Jasindo selalu sigap dalam menyelesaikan klaim termasuk dalam hal ini klaim kategori specialty risk (risiko khusus), tentunya sesuai ketentuan di dalam polis serta dilakukan dengan efektif, tepat dan cepat.

“Karena kami adalah asuransi umum milik negara yang memiliki pengalaman dalam menangani asuransi specialty risk seperti asuransi satelit, aviasi dan energy offshore. Sejak 1976 kami telah menangani 22 asuransi peluncuran satelit dan telah menyelesaikan klaim asuransi satelit sekitar USD567juta. Tahun lalu kami juga telah menyelesaikan pembayaran klaim sebesar Rp876 Miliar untuk industry offshore,” terangnya.

Dodi juga memastikan, Asuransi Jasindo selalu mengedepankan proses bisnis yang prudent di antaranya pemilihan reinsurer dengan international rating serta kerjasama dengan global reinsurance broker yang memiliki pengalaman dan reputasi baik.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)