Kawal Distribusi Energi Akhir Tahun, Pertamina Bentuk Satgas Nataru

Kamis, 10 Desember 2020 - 11:26 WIB
loading...
Kawal Distribusi Energi Akhir Tahun, Pertamina Bentuk Satgas Nataru
Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
PALEMBANG - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II membentuk Tim Satgas pengendalian dan pemantauan kelancaran penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji.

Pembentukan Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) tersebut dilakukan mengingat kebutuhan masyarakat akan BBM dan elpiji cenderung meningkat. Satgas memastikan pelayanan maksimal dalam mengkoordinir, memantau kelancaran penyaluran BBM dan elpiji.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II Umar Ibnu Hasan mengatakan, pasokan BBM dan elpiji saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

"Untuk menghadapi lonjakan permintaan BBM dan elpiji selama Nataru, penyaluran BBM maupun elpiji akan ditambah sesuai kebutuhan. Sementara untuk produk subsidi dan penugasan tentunya akan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah," ujar Umar, Kamis (10/12/2020).

Selama masa satgas Nataru 2020-2021, konsumsi BBM jenis gasoline seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite dan Premium diprediksi mengalami peningkatan sebesar 3,2 persen dibandingkan dengan konsumsi harian normal sebelum masa satgas, yaitu dari 7.038 kiloliter menjadi 7.264 kiloliter.

"Sementara untuk konsumsi BBM jenis gasoil seperti Dex, Dexlite dan Biosolar diprediksi mengalami penurunan sebesar 7,7 persen dari konsumsi harian normal, yaitu dari 4.234 Kiloliter menjadi 3.908 Kiloliter," ungkapnya.

Untuk konsumsi elpiji PSO dan Non PSO diprediksi mengalami peningkatan sebesar 5,3 persen dibandingkan dengan rata-rata konsumsi harian normal sebelum masa Satgas Natal Tahun Baru 2020-2021, yaitu dari 1.609 metrik ton menjadi 1.694 metrik ton.

(Baca juga: Pencurian Dua Motor di Wisma Merdeka Palembang Terekam CCTV)

"Mulai bergeliatnya aktivitas masyarakat, UKM dan pusat perbelanjaan yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19 masih menjadi alasan mulai naiknya konsumsi BBM jenis gasoline dan naiknya konsumsi elpiji PSO dan Non PSO sektor rumah tangga," katanya.

Menurut Umar, pihaknya juga terus berupaya mencegah penyebaran COVID-19 yang belum berakhir dengan tetap memberlakukan sejumlah protokol kesehatan di lingkungan kantor maupun terhadap sejumlah fasilitas operasional di SPBU.

(Baca juga: Kepesertaan Masyarakat PALI Mengikuti Pilkada 2020 Meningkat)

"Pertamina juga mengimbau seluruh pelanggan setia untuk bertransaksi secara cashless atau nontunai melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui apple store atau google playstore," ucap Umar.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)