Gubernur BI: Ada Vaksin, Pemulihan Ekonomi Indonesia Bertahap

Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:40 WIB
loading...
Gubernur BI: Ada Vaksin, Pemulihan Ekonomi Indonesia Bertahap
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: Dok. Sindonews)
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai perbaikan pertumbuhan ekonomi domestik diperkirakan terus berlangsung secara bertahap dan akan meningkat pada tahun 2021. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan perkembangan tersebut terindikasi pada berlanjutnya kinerja positif sejumlah indikator pada November 2020.

(Baca juga:Bank Indonesia Gandeng Kemenkeu Kembangkan CBS)

“Seperti peningkatan mobilitas masyarakat di beberapa daerah, berlanjutnya perbaikan Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur, dan menguatnya keyakinan serta ekspektasi konsumen terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha,” kata Perry dalam video virtual, Kamis (17/12/2020).

(Baca juga:Pulihkan Ekonomi Jawa Timur di Tengan Pandemi, Ini Strategi Bank Indonesia)

Ke depan, vaksinasi dan disiplin dalam penerapan protokol Covid-19 merupakan kondisi prasyarat bagi proses pemulihan ekonomi nasional. Prospek perekonomian domestik yang membaik tersebut juga didukung oleh berbagai kebijakan yang diarahkan untuk mendorong pembukaan sektor-sektor produktif dan aman secara nasional maupun di masing-masing daerah.

(Baca juga:Bank Indonesia Bakal Jaga Inflasi Sesuai Target)

Selain itu juga akselerasi stimulus fiskal, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran. “Lalu berlanjutnya stimulus moneter dan makroprudensial, serta percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya terkait pengembangan UMKM,” katanya.

Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait dalam menempuh langkah-langkah kebijakan lanjutan agar berbagai kebijakan yang ditempuh semakin efektif mendorong pemulihan ekonomi.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)