Jokowi-Ma'ruf Bertemu Empat Mata, Bahas Reshuffle Kabinet?

Senin, 21 Desember 2020 - 12:22 WIB
loading...
Jokowi-Maruf Bertemu Empat Mata, Bahas Reshuffle Kabinet?
Hari ini Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin bertemu empat mata untuk membicarakan isu-isu strategis. Foto/dok.SINDONews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan rapat intern dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (21/12/2020). Berdasarkan jadwal, keduanya bertemu di Istana Merdeka mulai pukul 10.00 hingga 13.30 WIB. Rapat ini dilakukan di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet . Namun, apakah benar rapat membahas isu reshuffle?

(Baca juga : Pengamat Sebut Kebijakan Rapid Tes Antigen Tidak dengan Perencanaan Matang )

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, rapat empat mata antara Wapres dan Presiden biasanya membahas isu-isu strategis. Wajar saja bila ada yang menghubung-hubungkan dengan isu perombakan kabinet.

(Baca juga : Ternyata Kak Seto Pernah Ditawari Jadi Menteri, Begini Pengakuannya )

"Bisa jadi, karena kalau pembicaraan intern itu biasanya pengalaman yang terjadi selama ini beberapa kali Presiden mengajak rapat Wakil Presiden secara intern empat mata, dan itu biasanya terkait isu-isu strategis, isu yang hangat, dan ini tidak hanya sekali dua kali, sering," ucap Masduki saat dikonfirmasi Senin (21/12/2020).

(Baca: PAN-Demokrat Berhasrat Masuk Kabinet, Pengamat: Silakan Saja, Oposisi Cukup Rakyat)

Menurut Masduki, Wapres atau Presiden biasanya selalu mengajak bicara empat mata jika ada hal yang dianggap penting. Kedua pimpinan negara itu bekerja saling melengkapi khususnya untuk menghadapi berbagai isu-isu terkini.

Namun demikian, Masduki tidak bisa memastikan apakah pertemuan empat mata Wapres dan Presiden membicarakan perombakan kabinet. Ia enggan berspekulasi karena itu merupakan hak prerogatif Presiden. Tetapi di sisi lain ia memaklumi bila ada yang menghubung-hubungkan hal itu.

(Baca juga : Mahkamah Agung Libatkan TNI untuk Amankan Sidang di Pengadilan )

"Saya tidak tahu ya kalau urusan yang seperti itu karena menyangkut hak prerogatif Presiden yang kemudian dikaitkan dengan wakilnya seperti apa, mungkin Wapres dimintai pendapat apa dan segala macam, kita enggak tahu, karena Wapres enggak menjelaskan bicara mengenai apa... bilang bahwa hari ini ada rapat intern, wajar kalau orang menghubung hubungkan ya," tutur Masduki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0739 seconds (0.1#10.140)