Pak Jokowi Top! Memang Sudah Saatnya Menteri Tanpa Prestasi & Inovasi Diganti

Kamis, 24 Desember 2020 - 08:35 WIB
loading...
Pak Jokowi Top! Memang Sudah Saatnya Menteri Tanpa Prestasi & Inovasi Diganti
FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak jajaran Menteri di Kabinet Indonesia Maju pasca 1 tahun lebih kepemimpinannya di periode kedua. Ada beberapa menteri yang diisi oleh nama baru, termasuk untuk urusan ekonomi.

Ada sekitar 4 Menteri Ekonomi baru yang ditunjuk ole Presiden Joko Widodo. Keempat nama tersebut adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, kemudian ada nama Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan, secara keseluruhan reshuflle yang dilakukan Jokowi sudah tepat. Nama-nama Menteri tersebut sudah sangat tepat untuk diganti dengan nama baru. “Pak Jokowi yang Lebih tahu. Tapi secara umum yang diganti memang seharusnya diganti,” ujarnya saat dihubungi MNC News Portal, Kamis (24/12/2020).



Menurut Piter, memang ada beberapa pro kontra dengan pergantian tersebut. Namun menurutnya, hanya Presiden Jokowi yang mengetahui kinerja dan rapor dari masing-masing bawahannya selama satu tahun dua bulan ini. “Siapa yang seharusnya diganti tentunya Pak Jokowi yang lebih bisa menilai. Karena Pak Jokowi yang punya data lengkap kinerja menterinya. Yang nampak di permukaan belum tentu sama dengan yang diketahui pak Jokowi,” jelasnya.

Piter mengatakan, seharusnya Presiden Jokowi lebih berani mengganti jajaran kabinetnya, khususnya bagi mereka yang minim kreatifitas dan prestasi selama beberapa tahun ini. “Menurut saya Pak Jokowi harusnya berani mengganti menteri yang setahun ini minim prestasi, tidak ada terobosan, tidak inisiatif apalagi inovasi,” jelasnya.



Pasalnya tahun depan merupakan tahun krusial bagi kepemimpinan Presiden Jokowi. Apalagi pada tahun depan, Indonesia akan memasuki fase pemulihan ekonomi akibat covid-19. “Tahun depan Itu sangat krusial, tahun pemulihan ekonomi pasca pandemi. Jadi sangat menentukan kinerja Jokowi di masa pemerintahan Jokowi di periode kedua,” kata Piter.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)