Jelang Akhir Tahun, Kemenaker Promosikan BLK Belitung

Sabtu, 26 Desember 2020 - 19:01 WIB
loading...
Jelang Akhir Tahun, Kemenaker Promosikan BLK Belitung
Melalui program-program pelatihan yang dimiliki BLK Belitung, masyarakat Kepulauan Babel, khususnya Kabupaten Belitung, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi kerja. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menjelang penutupan tahun 2020, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui BLK Belitung menggelar "Pameran Setaon BLK Belitung" di Pendopo Tanjung Kelayang Indah, Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung , Sabtu (26/12/2020). Setaon BLK Belitung ditandai dengan pembukaan lomba jalan santai yang mengambil start di Tugu Perahu Tanjung Layang, Belitung.

Dalam sambutannya, Kepala BLK Belitung Rahmad Faisal mengatakan, "Setaon BLK Belitung" bertujuan untuk mempromosikan BLK Belitung kepada khalayak, khususnya masyarakat di Belitung, sekaligus mempromosikan para alumni pelatihan BLK Belitung dan para UMKM yang telah berwirausaha.

(Baca Juga: BLKK Jadi Strategi Jitu Garap Pengangguran Lokal) "Setaon BLK Belitung Tahun 2020 ini digelar untuk mempertemukan masyarakat dengan BLK Belitung. Melalui program-program pelatihan yang dimiliki BLK Belitung, masyarakat Kepulauan Babel, khususnya Kabupaten Belitung, dapat meningkatkan kompetensi kerja dan dapat berkompetisi di era new normal ini," kata Rahmad.

Dia menambahkan, selama tahun 2020, BLK Belitung telah melatih 368 orang pencari kerja, yang dilaksanakan di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Saat pandemi Covid-19, BLK Belitung juga telah melatih program pelatihan pembuatan masker, cooking, pembuatan face shield, dan pembuatan hand sanitizer.

"Di BLK Belitung terdapat dua kejuruan utama yaitu agrowisata dan processing. Saat ini program pelatihan favorit adalah barista, pemandu selam, dan processing (pengolahan ikan, buah, dan roti kue)," jelasnya.

Peserta Setaon BLK Belitung Tahun 2020 berasal dari BLK Belitung, Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI), Rumpun Tetangga, Mobo Caffe and Pastry, Camfela, Sundari Cafe, Sepiak, Alumni Barista BLK Belitung, Mie Aceh, KA Topan Budi Simpour Coffe, Kurniawan Simpour Coffe, Dirga Simpour Coffe, Annisa Sikok Name Chapter 2, Hafiz Sikok Name Chapter 3, Syahmuji Sikok Name Chapter 4, Fatur Sikok Name Chapter 2, Glowra Sikok Name Chapter IV, Wandi Home Brewer, Hamzah Kedai Lorong, Ijal Kedai Kupi Kite, Aditya Aldi Dnocturn Coffe, Lis Satrian, Bill Randi Bill’s Cofee, Aipitno D’Thamping Coffe, dan Krisdianti Home Brewer.

"Pameran Setaon BLK Belitung Tahun 2020 juga menghadirkan pembicara dari Barista dan Assesor Candra Setiawan, Maestro Pizza Indonesia Chef Agung Kurnia, dan Lamian Show dari Chef Ajis," ujar Faisal.

(Baca Juga: Menaker Minta BLK Fasilitasi Pelatihan Berkualitas Bagi Penyandang Disabilitas)

Sementara Kadispar Belitung Jasagung Hariyadi saat membuka acara pameran Setaon BLK Belitung menyambut positif digelarnya Setaon BLK Belitung di akhir tahun 2020 dan berharap menjadi agenda tetap di Tanjung Kelayang.

Untuk menyambut beberapa agenda pariwisata di Belitung tahun 2021, Jasagung Hariyadi berharap pihaknya bisa bersinergi dengan BLK Belitung. Terutama untuk menanggapi tiga hal keluhan dari pengelola hotel dan restoran di Belitung.

"Ke depan, Belitung tak lagi berbasis wisata maritim, tapi mengarah Geopark Belitung yang sudah diterima Unesco. Untuk itu, bahasa Inggris, etos kerja anak-anak muda di Belitung perlu ditingkatkan dan juga attitude atau perilaku mereka," kata Jasagung.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)