Liburan Naik Kereta, Ini yang Harus Dijalankan agar Tak Terpapar COVID-19

Minggu, 27 Desember 2020 - 16:05 WIB
loading...
Liburan Naik Kereta, Ini yang Harus Dijalankan agar Tak Terpapar COVID-19
CDC memperingatkan bahwa perjalanan meningkatkan risiko terkena atau menyebarkan COVID-19. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Peluang tertular penyakit saat bepergian, termasuk liburan akhir tahun , selalu ada. Namun, pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah membuat para wisatawan lebih sadar akan kemungkinan ini. Badan kesehatan, termasuk Centers of Disease Control and Prevention Amerika (CDC), memperingatkan bahwa perjalanan meningkatkan risiko terkena atau menyebarkan COVID-19.

Namun, risiko Anda tertular virus saat bepergian menggunakan kereta bergantung pada apakah Anda dan orang di sekitar mematuhi pedoman yang disarankan oleh otoritas kesehatan. Jika Anda mempertimbangkan untuk liburan akhir tahun menggunakan kereta, penting untuk memahami langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri tetap aman sehingga terhindar dari penularan COVID-19.

( )

Berikut tips sehat liburan akhir tahun menggunakan kereta, seperti dikutip dari laman Times Now News.

Selama Perjalanan

1. Hindari Menyentuh Permukaan
Hindari menyentuh permukaan yang sering disentuh seperti mesin tiket, pegangan tangan, tombol elevator, dan bangku sebanyak mungkin. Jika memang menyentuh permukaan tersebut, segera cuci tangan dengan sabun dan air atau gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 60%.

2. Ikuti Pedoman Jarak Sosial
Tetaplah setidaknya 2 meter dari orang lain dan hindari berkumpul dalam kelompok. Pertimbangkan untuk melewatkan beberapa kursi antara Anda dan penumpang lain jika memungkinkan. Ikuti rambu-rambu yang dipasang di rel kereta yang menunjukkan di mana harus berdiri atau duduk, di mana harus mengantri, dan tanda keluar.

3. Gunakan Kamar Mandi Umum di Stasiun
Cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik setelah menggunakan kamar mandi umum.

4. Beli Makanan dan Minuman di Stasiun
Bawalah botol air minum dan makanan Anda sendiri, jangan terima atau tawarkan botol air kepada penumpang lain. Jika Anda akhirnya membeli makanan atau air di stasiun kereta, bayar nirsentuh. Hindari melepas masker untuk makan dan minum selama perjalanan, alih-alih tunggu sampai Anda tiba di tujuan. Jika Anda harus melepas masker untuk makan atau minum, pastikan Anda selalu meletakkannya di atas permukaan disinfektan.

5. Hindari Meludah
Ini adalah larangan yang ketat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2652 seconds (0.1#10.140)