Jadi Negara Maju di 2045, Ini Gambaran Transportasi Umum RI Nanti

Senin, 28 Desember 2020 - 11:43 WIB
loading...
Jadi Negara Maju di 2045, Ini Gambaran Transportasi Umum RI Nanti
Sektor transportasi umum diyakini semakin berkembang seiring dengan transformasi Indonesia menjadi negara maju di 2045. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia diproyeksikan menjadi negara maju dengan perekonomian yang menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia pada 2045. Bahkan, Indonesia diprediksi akan masuk ke dalam jajaran 5 besar negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Namun, proyeksi positif ini tentunya harus didukung oleh sektor-sektor lainnya. Salah satunya adalah transportasi umum yang menjadi motor penggerak ekonomi baik dari sisi orang maupun barang.

(Baca Juga: Dishub DKI Beberkan 4 Prioritas Penanganan Transportasi Ibu Kota)

Pendiri Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Suyono Dikun mengatakan, secara keseluruhan, transportasi umum di 2045 harus bisa menjadi salah satu lokomotif pendorong ekonomi nasional. Ada beberapa usulan mengenai arah transportasi yang bisa dijadikan bahan acuan bagi pemerintah.

Menurut Suyono, selama ini proyeksi Indonesia untuk menjadi negara maju baru berdasarkan makro ekonomi saja. Sementara itu, dari sisi transportasi belum diketahui akan mengarah seperti apa.

"Bagaimana transportasi yang diinginkan pada tahun depan? Transportasi yang bisa mendukung ekonomi maju pada 2045," ujarnya dalam Webinar "Outlook Transportasi 2021", Senin (28/12/2020).

Adapun usulan pertama adalah, transportasi Indonesia sebagai negara maju haruslah berkelanjutan atau sustainable. Maksudnya, pada 2045 sistem transportasi di Indonesia harus berkemampuan membangun secara terus menerus untuk memperluas jaringan dan simpul transportasi sampai dengan tahap ultimate.

Kemudian, transportasi di nusantara harus terintegrasi antarsatu moda dengan yang lainya. Namun, pembangunan transportasi di Indonesia juga harus sesuai dengan tata ruang, sehingga lebih ramah lingkungan.

Selanjutnya, transportasi Indonesia saat menjadi negara maju juga harus seamless yang artinya bisa menyambungkan antarsatu pulau dengan lainnya. Hal ini sangat diperlukan, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan.

Hal penting lainnya adalah transportasi harus terintegrasi dengan kegiatan ekonomi. Kemudian, transportasi juga harus bisa hemat energi dengan lebih memanfaatkan banyak energi terbarukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)