Mau Jadi Negara Maju? Transportasi Indonesia Harus Aman dan Wuss

Senin, 28 Desember 2020 - 11:58 WIB
loading...
Mau Jadi Negara Maju? Transportasi Indonesia Harus Aman dan Wuss
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia diproyeksikan akan menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2045. Nantinya Indonesia bakal masuk ke dalam jajaran lima besar negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Namun proyeksi baik ini tentunya harus didukung oleh sektor-sektor lain. Salah satunya adalah transportasi umum yang menjadi motor penggerak ekonomi, baik dari sisi orang maupun barang.

Pendiri Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Suyono Dikun mengatakan, secara keseluruhan, transportasi umum di 2045 harus bisa menjadi salah satu lokomotif pendorong ekonomi nasional. Ada beberapa usulan mengenai arah transportasi yang bisa dijadikan bahan acuan bagi pemerintah. ( Baca juga:KPK Panggil 2 Saksi Dalami Korupsi CSRT di Badan Informasi Geospasial )

Menurut Suyono, selama ini proyeksi Indonesia untuk menjadi negara maju baru berdasarkan makro ekonomi saja. Sementara itu, dari sisi transportasi belum diketahui akan mengarah seperti apa.

"Bagaimana transportasi yang diinginkan pada tahun depan? Transportasi yang bisa mendukung ekonomi maju pada 2045," ujarnya dalam Webinar 'Outlook Transportasi 2021', Senin (28/12/2020).

Ada beberapa usulan agar transportasi Indonesia berkelanjutan atau sustainable. Maksudnya adalah sistem transportasi di 2045 harus menjadi sistem yang berkemampuan membangun secara terus-menerus untuk memperluas jaringan dan simpul transportasi sampai dengan tahap ultimate.

Selain itu, transportasi juga harus bisa integrasi antar-satu moda dengan yang lainya. Namun, pembangunan transportasi di Indonesia juga harus sesuai dengan tata ruang sehingga bisa lebih ramah lingkungan juga.

Kemudian, transportasi Indonesia di saat menjadi negara maju juga harus seamless yang artinya bisa menyambungkan antar satu pulau dengan lainnya. Hal ini sangat diperlukan mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. ( Baca juga:Ketua PN Depok Terpapar Covid-19, Kantor PN Depok Ditutup Sementara )

Lagkah penting lainnya adalah transportasi harus bisa terintegrasi dengan kegiatan ekonomi. Kemudian transportasi juga harus bisa hemat energi dengan lebih memanfaatkan banyak energi terbarukan.

"Yang paling penting untuk Indonesia bisa menjadi negara maju adalah transportasi yang dimiliki harus berteknologi tinggi. Dan terakhir adalah transportasi juga harus bisa menjamin keselamatan dan keamanan para penumpang," kata Suyono.

Secara keseluruhan bisa disimpulkan jika ingin menjadi negara maju, transportasi yang dimiliki Indonesia harus lebih maju dan cepat. Namun selain itu, juga jangan lupa memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan di nomor pertama.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2676 seconds (0.1#10.140)