5 Kategori Belanja Online Paling Populer di Akhir 2020

Senin, 28 Desember 2020 - 16:31 WIB
loading...
5 Kategori Belanja Online Paling Populer di Akhir 2020
Selama pandemi, platform marketplace kian menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian hingga berbisnis. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Selama pandemi, platform marketplace seperti Tokopedia kian menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian hingga berbisnis. Terlihat dari pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia yang saat ini mencapai lebih dari 100 juta, meningkat lebih dari 10 juta jika dibandingkan sebelum pandemi. Jumlah penjual pun meningkat.

“Kini ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% UMKM . Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari lalu,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.

( )

Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Perawatan Hewan, Buku, dan Pertukangan menjadi lima kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi menjelang akhir tahun ini.

1. Makanan dan Minuman
Transaksi kategori Makanan dan Minuman meningkat lebih dari 3 kali lipat menjelang akhir tahun. Produk sembako lokal seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik, dan beras menjadi barang paling dicari masyarakat belakangan ini.

2. Kesehatan
Kategori Kesehatan juga meningkat lebih dari 3 kali lipat. Masker tetap menjadi produk yang paling diburu masyarakat.

3. Perawatan Hewan
Memelihara hewan ternyata menjadi hobi yang semakin naik daun. Ini mendorong peningkatan transaksi pada kategori Perawatan Hewan di Tokopedia menjadi lebih dari 3 kali lipat. Aquarium, makanan kucing, ikan, dan anjing menjadi produk paling laris.

4. Buku
Selain memelihara hewan, membaca pun semakin diminati selama pandemi. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Buku di Tokopedia sebesar hampir 2,5 kali lipat. Buku pengembangan diri, karier, anak, novel non-fiksi hingga religi menjadi produk yang paling populer.

( )

5. Pertukangan
Tingginya aktivitas di rumah mendorong masyarakat merenovasi rumah. Terlihat dari peningkatan transaksi kategori Pertukangan yang mencapai lebih dari 2,5 kali lipat. Kertas dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak merupakan produk yang paling diminati.

“Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi, terutama di tengah pandemi. Caranya dengan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat,” tutup Ekhel.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)