Konsep Ransel Eco-Friendly EIGER Raih Good Design Selection Award 2020

Selasa, 29 Desember 2020 - 01:33 WIB
loading...
Konsep Ransel Eco-Friendly EIGER Raih Good Design Selection Award 2020
EIGER EcoSavior 45L adalah ransel untuk mendaki gunung berkapasitas 45 liter yang mengusung konsep eco-friendly (ramah lingkungan) dan sustainability (keberlanjutan). Foto/Dok
A A A
BANDUNG - EIGER Adventure meraih penghargaan dari ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 sebagai Best 3 di kategori Design Concept melalui konsep produk EcoSavior 45L hasil karya Oki Lutfi, desainer produk tersebut.

“Bersyukur atas apresiasi terhadap karya kami. Sejatinya tujuan kami berkarya adalah untuk memberi nilai tambah dan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat lewat produk yang kami rancang. Ketika karya itu diapresiasi, kami syukuri dan dijadikan motivasi untuk berkarya lebih baik lagi,” ujar Product Designer EIGER Adventure, Oki Lutfi.

(Baca Juga: Adaptasi di Tengah Pandemi, Eiger Rilis Produk APD )

Oki menceritakan, bahwa EIGER EcoSavior 45L adalah ransel untuk mendaki gunung berkapasitas 45 liter yang mengusung konsep eco-friendly (ramah lingkungan) dan sustainability (keberlanjutan). Hal ini terlihat dari material kain dan beberapa bagian tas yang dikembangkan dari bahan daur ulang yang diolah dari sampah botol plastik PET (Polietilena Tereftalat), juga penggunaan bambu di salah satu bagian tas.

Terlebih, ransel ini dilengkapi fitur khusus kantong sampah yang dapat dilepas-pasang untuk memfasilitasi pendaki gunung membawa turun kembali sampahnya.

“Produk ini didesain sebagai bentuk kontribusi EIGER untuk bumi, dengan menawarkan solusi pada beberapa persoalan lingkungan hidup, diantaranya persoalan sampah plastik yang mendegradasi kualitas lingkungan hidup. Harapannya, produk ini dapat membangun kepedulian masyarakat terutama para komunitas pendaki gunung terhadap persoalan lingkungan,” tambah Oki.

Ia juga berharap, kedepannya EIGER dapat bergerak bersama para komunitas untuk menghadirkan solusi dari permasalahan lingkungan saat ini.

(Baca Juga: Lebih Banyak Berbagi, Strategi Eiger Adventure Bertahan di Tengah Pandemi )

EcoSavior 45L yang diikutsertakan masih berupa prototype yang rencananya akan diproduksi massal dan diluncurkan di tahun 2021. Di tahun sebelumnya (2019), Oki bersama EIGER meraih penghargaan Grand Award di ajang yang sama untuk produk Keba 50L Black Borneo Series.

“Kedepannya, saya dan tim EIGER akan lebih intens dalam pengembangan produk yang ramah lingkungan. Menurut saya, menghadirkan produk yang ramah lingkungan adalah tanggung jawab desainer untuk bumi dan untuk nanti,” tutup Oki.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)