Pantau Terus, Formasi CPNS 2021 Diumumkan Bulan Mei

Selasa, 29 Desember 2020 - 15:55 WIB
loading...
Pantau Terus, Formasi CPNS 2021 Diumumkan Bulan Mei
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah kini tengah mempersiapkan diri untuk membuka kembali seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun depan. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat mengingat pada tahun ini tidak ada seleksi pembukaan CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, saat ini instansi sedang melakukan penghitungan jumlah kebutuhan formasi untuk lima tahun ke depan. Setelah itu, jumlah formasi tersebut akan diserahkan kepada Kementerian PanRB.

Barulah, BKN dan Kementerian PanRB akan menetapkan jumlah formasi yang akan dibuka pada CPNS 2021 mendatang. Adapun pengumuman jumlah formasi ini dilakukan paling lambat pada Mei 2021 mendatang. "Itu diperkirakan formasi itu Mei sudah dapat ditetapkan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

( )

Adapun pelaksanaan tesnya direncanakan akan dilakukan paling lambat pada Juni 2021 mendatang. Sehingga, diharapkan pada Desember 2021 mendatang, seluruh proses seleksi CPNS pada tahun depan bisa rampung.

"Kenapa begitu? karena untuk pelaksanaan tesnya paling lambat bulan Juni harus sudah mulai. Agar bulan Desember sudah bisa diselesaikan seluruh seleksi CPNS-nya," jelasnya.

Bima menambahkan, adapun Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan tetap ada pada CPNS 2021 mendatang. Nantinya, soal-soal akan dibuat dan ditambah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

( )

"SKD akan tetap dilakukan bersamaan juga dengan SKB, soal-soal juga akan dibuat dan ditambah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperbanyak jumlah soal yang bisa disampaikan," jelasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)