Sebanyak 344 Juta Rekening Sudah Dijamin LPS, Likuiditas Bank Stabil

Selasa, 29 Desember 2020 - 21:00 WIB
loading...
Sebanyak 344 Juta Rekening Sudah Dijamin LPS, Likuiditas Bank Stabil
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan yang dijamin telah mencapai di atas target yang ditetapkan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan yang dijamin telah mencapai di atas target yang ditetapkan Undang-undang LPS (target sebesar 90%) yaitu sebesar 99,91% atau sebanyak 344.246.962 rekening. Ketua LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, walaupun tekanan pandemi Covid19 belum mereda, kondisi stabilitas sistem perbankan kita semakin membaik.

Kondisi sistem keuangan menjelang awal tahun 2021 lebih baik dibandingkan dengan situasi di pertengahan 2020. "Sistem keuangan kita saat ini lebih siap untuk membiayai ekspansi ekonomi, dibandingkan bulan-bulan sebelumnya," ujar Purbaya di Jakarta, Selasa (29/12/2020).

(Baca Juga: Bunga Bank Tak Kunjung Turun, Bos LPS Ulik Penyebabnya )

Selain itu, Berdasarkan pemantauan LPS terjadi peningkatan pertumbuhan simpanan atau Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan dari bulan Agustus hingga November 2020 baik pada Bank BUKU I hingga Bank BUKU IV.

"Hal ini mengindikasikan bahwa kondisi likuiditas perbankan semakin stabil. Kami mengapresiasi upaya pemerintah dalam meningkatkan likuiditas melalui kebijakan fiskal sejak semester kedua tahun 2020,” ujarnya.

(Baca Juga: Jumlah Rekening di Bank Naik, Pemilik Simpanan Jumbo Tahan Pengeluaran )

Untuk data Bank BUKU I dan BUKU II (MoM) memperlihatkan penurunan simpanan, yang umumnya terjadi pada Bank BPD. Diperkirakan dana pada rekening di Bank BPD berpindah ke rekening vendor pada BUKU IV sebagai realisasi pembayaran proyek di akhir tahun 2020.

"Diperkirakan dana pada rekening di Bank BPD berpindah ke rekening vendor pada BUKU IV sebagai realisasi pembayaran proyek di akhir tahun 2020," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)