Ngobrol di Warung, Sandiaga Uno dan Budi Gunadi Lahirkan Gagasan Baru

Sabtu, 02 Januari 2021 - 15:31 WIB
loading...
Ngobrol di Warung, Sandiaga Uno dan Budi Gunadi Lahirkan Gagasan Baru
Melalui akun sosial media (Instagram) @sandiuno, dia mengutarakan dirinya sudah bertemu dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, di sebuah lokasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya agar bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif kembali bergeliat pada 2021. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, terdapat sejumlah gagasan strategis yang baru saja dirumuskan.

Gagasan itu ihwal langkah dan keputusan strategis yang akan diambil pemerintah untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Rencananya, hal tersebut akan diterapkan di 17 destinasi wisata di dalam negeri.

(Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Antisipasi Virus Baru untuk Wisata Indonesia )

Melalui akun sosial media (Instagram) @sandiuno, dia mengutarakan dirinya sudah bertemu dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin , di sebuah lokasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Jakarta Selatan, pertemuan itu yang melahirkan gagasan baru tersebut.

"Pertemuan kali ini sengaja dibuat informal di sebuah UMKM kuliner di kawasan Jakarta Selatan, namun sudah melahirkan pemikiran 17 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di era pandemi, yang kita harap bisa tereksekusi secepatnya," ujar Sandi dikutip Sabtu (2/1/2021).

Dia bilang, sejumlah keputusan strategis akan diambil untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dan para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya, dia berharap semua pihak baik pemerintah, pelaku usaha hingga masyarakat dapat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak.

"Dengan kolaborasi dan kerja sama yang baik antara Kemenparekraf dan Kementerian Kesehatan diharapkan dapat segera membamgkitkan geliat industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2021 sehingga lapangan pekerjaan yang sempat hilang dapat kembali terbuka luas," katanya.

(Baca Juga: 37 Juta Warga +62 Bergantung Kepada Duet Sandi-Budi Sadikin )

Dia juga menuliskan bahwa bisnis dari 37 juta warga Indonesia bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Rinciannya, 12,7 juta di bidang pariwisata dan 18 juta di bidang ekonomi kreatif.

Sepanjang pandemi Covid-19 di Tanah Air, pariwisata menjadi sektor bisnis yang secara signifikan paling terdampak karena adanya pembatasan aktivitas atau pergerakan masyarakat. Meski begitu, upaya stimulus dan pemulihan terus dilakukan pemerintah di masa era normal baru (new normal).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)