Malas Bekerja Kembali Usai Liburan? Atasi dengan Tips Berikut Ini!

Minggu, 03 Januari 2021 - 09:30 WIB
loading...
Malas Bekerja Kembali Usai Liburan?  Atasi dengan Tips Berikut Ini!
Kembali bekerja usai libur panjang terkadang membuat malas. Tapi ini tak bisa dibiaran, bangun mood untuk mulai beraktivitas kembali. Foto/newsweek.com
A A A
JAKARTA - Liburan akhir tahun telah usai. Esok hari kita harus bersiap untuk kembali ke pekerjaan dan rutinitas. Menghapi hari Senin bagi sebagian orang terasa berat. Terlebih sehabis libur panjang seperti sekarang. Beberapa studi menunjukkan hari Senin diasosiakan dengan rendahnya mood . Tapi ada beberapa hal yang bisa mengurangi rasa malas menghadapi hari Senin. Spesialis kesehatan jiwa berbagi tips berikut dikutip dari Huffpost:

1. Persiapkan sebelumnya

Ambil waktu untuk menyiapkan diri hadapi hari Senin, baik secara mental, fisik, maupun perlengkapan yamg dibutuhkan. “Saya merekomendasikan hari Minggu Anda mengecek jadwal untuk Senin dan siap menghadapinya, ini bisa mengurangi ketakutan menghadapi hari esok,” kata John Mayer, psikolog klinis. Ia juga menyarankan tidak tidur larut malam di hari Minggu.

Baca juga : Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih, Atasi Kolesterol Hingga Hipertensi

2. Mulai hari lebih awal

“Bagi mereka yang sulit untuk bertransisi dari akhir pekan ke hari Senin, bisa mencoba untuk bekerja lebih awal,” kata Sanam Hafeez, neuropsikologis di New York. Hal ini akan membuat pikiran “terbangun” dan menyesuaikan dengan lingkungan pekerjaan. Jika sudah mulai bekerja dan Anda bisa fokus, mulailah dengan pekerjaan yang mudah berlanjut mengerjakan tugas yang lebih berat.

3. Cari hal menyenangkan yang akan dilakukan hari Senin

“Untuk mengurangi rasa berat menghadapi hari Senin, Anda bisa membuat jadwal menyenangkan untuk dilakukan di hari tersebut,” beber Becky Stuempfig, konsultan pernikahan dan terapis keluarga di California. Hal sederhana yang bisa Anda lakukan misalnya menyiapkan sarapan atau makan siang favorit. Atau bisa juga dengan mengajak keluarga makan di luar. Bisa juga dengan mengajak teman berkumpul di hari Senin sehingga hari ini justru Anda nantikan.

Baca juga : 10 Resolusi Kesehatan 2021, Mulai Diet Hingga Olahraga Baru

4. Hindari pikiran negatif
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)