Pergerakan IHSG di Awal Tahun Bergantung Vaksinisasi Massal

Senin, 04 Januari 2021 - 14:03 WIB
loading...
Pergerakan IHSG di Awal Tahun Bergantung Vaksinisasi Massal
Karyawan mengamati pergerakan perdagangan saham melalui layar elektronik di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (10/09/2020). Foto:SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai pada bulan Januari 2021 pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mengalami apresiasi.

Hal tersebut dikarenakan jika dilihat berdasarkan sentimen-sentimen yang bisa dihubungkan, bulan Januari merupakan moment yang tepat untuk penyambutan recovery perekonomian domestik kususnya dan ekonomi global pada umumnya.

"Disisi lain berbagi sentimen lainnya hal ini juga didukung oleh vaksinasi massal yang dilakukan Indonesia. Itu menurut saya sentimen positif. Belum lagi sentimen tambahan lainnya yakni implementasi adanya omnibuslaw," kata Nafan di Jakarta, Senin (4/1/2021).



Dia melanjutkan, saat ini kinerja manufaktur di indonesia sangat ekspansif. "Nah ekspansi ini bisa mendorong peningkatan lapangan kerja baru sehingga diharapkan mampu menunjang recovery ekonomi domestik," jelas dia.

Sedangkan yang patut disyukuri menurut Nafan yakni pergerakan IHSG tidak mengalami tekanan yang cukup masif. Sehingga sebenarnya memungkinkan IHSG untuk bisa terus bergerak dan mengalami sentimen positif pada Januari ini.



Namun yang dapat membuat sentimen negatif IHSG adalah bergeraknya kasus penambahan Covid 19. Apalagi usai adanya libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Adanya perpanjangan PSBB di Jakarta sampai 17 Januari juga bisa menghambat sentimen kinerja IHSG makanya kita berharap distirbusi vaksin di Indoensia bisa berjalan dengan lancar," ujar Nafan.
(her)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)