BKN Sampaikan Alasan Tak Ada Rekrutmen CPNS Guru Tahun Ini

Selasa, 05 Januari 2021 - 12:20 WIB
loading...
BKN Sampaikan Alasan Tak Ada Rekrutmen CPNS Guru Tahun Ini
Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memastikan bahwa tahun ini dipastikan tidak akan ada rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi guru. Dia mengatakan pemerintah akan konsentrasi untuk merekrut 1 juta guru dalam formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Untuk guru tahun ini kami masih akan berkonsentrasi untuk melakukan seleksi 1 juta guru PPP,” katanya saat konferensi pers, Selasa (5/1/2021). (Baca juga: Ini Penjelasan Kemendikbud Formasi CPNS untuk Guru Ditiadakan )

Dia mengatakan salah satu alasan tidak adanya rekrutmen CPNS guru adalah rekrutmen PPPK guru tahun ini sangatlah besar. Dimana ini pertama kalinya BKN merekrut pegawai berjumlah 1 juta.

“1 juta guru PPPK ini jumlah yang sangat besar. Rekor kami dalam melakukan rekrutmen adalah 200 ribu. 1 juta itu lima kali lebih besar dari yang biasa kami lakukan,” ungkapnya.

Dia berharap rekrutmen ini dapat mengisi kekosongan guru yang ada di tanah air. Seperti diketahui persoalan kekurangan guru menjadi kendala dalam memaksimalkan pelayanan pendidikan. (Baca juga: Guru Tak Masuk Formasi CPNS, DPR: Karier Pendidik Jangan Dimatikan )

“Jadi 1 juta guru ini diharapkan dapat mengisi kekosongan guru di semua sekolah yang ada di Indonesia. Sehingga tidak terjadi lagi permasalahan kualitas pendidikan karena tidak adanya guru,” ujarnya.

Untuk tahun depan belum dapat dipastikan apakah rekrutmen guru dalam bentuk formasi CPNS atau PPPK . Dia menyebut hal ini sangat tergantung pada kebutuhan ASN guru tahun depan.

“Apakah tahun-tahun berikutnya akan dibuka kembali Formasi guru PPPK maupun PNS tergantung formasi yg dibutuhkan. Berapa yang pensiun, berapa yang diperlukan untuk rekrutmennya, itu nanti akan dihitung kemudian,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)