Cek Rekening Bunda, Bansos Tunai Katanya Sudah Cair

Jum'at, 08 Januari 2021 - 14:52 WIB
loading...
Cek Rekening Bunda, Bansos Tunai Katanya Sudah Cair
Direktur Jenderal Penanganan Fakis Miskin (PFM) Kemensos, Asep Sasa mengatakan, berdasarkan pantauan dari sistem Online sudah dicairkan sembako maupun bansos tunai yang berupa uang senilai Rp5,4 Triliun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah langsung menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahun 2021 mulai awal Januari sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Direktur Jenderal Penanganan Fakis Miskin (PFM) Kemensos, Asep Sasa mengatakan, berdasarkan pantauan dari sistem Online sudah dicairkan sembako maupun bansos tunai yang berupa uang senilai Rp5,4 Triliun.

"Kalau BST (Bantuan Sosial Tunai) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako sampai hari ini sesuai catatan OMSPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) sebesar 9,44 % atau sebanyak Rp5,4 Triliun sudah tersalurkan ke KPM (keluarga penerima manfaat)," ujar Asep saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Jumat (8/1/2021).

(Baca Juga: Segera Cek Rekening, Bansos Tunai Ditransfer Paling Lambat 30 Hari )

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun berharap dengan berbagai macam bantuan tersebut bisa meringankan keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Tak main-main, program perlindungan sosial yang masuk dalam dana pemulihan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021 mencapai Rp110 triliun.

(Baca Juga: Sukseskan Bansos Tunai 2021, Pos Indonesia Kerahkan 21 Ribu Pegawai )

Untuk, mengecek bansos pemerintah baik Bansos Sosial Tunai (BST), PKH (Program Keluarga Harapan) maupun BNPT. Bantuan tersebut bisa di cek secara online di DTKS Kementerian Sosial RI dengan cara sebagai berikut;

1. Klik atau buka halaman browser dtks.kemensos.go.id
2. Pilih ID peserta yang Anda inginkan
3. Masukkan nomor peserta dari ID yang dipilih atau nomor NIK Anda.
4. Masukkan nama sesuai dengan tanda peserta atau NIK
5. Masukkan dua kata yang tertera dalam chapta
6. Lalu, Anda bisa mengecek pada layar akan muncul keterangan nomor ID yang di input. Apakah ID tersebut terdaftar atau tidak di DTKS.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)