Marcomm Megashifts

Sabtu, 09 Januari 2021 - 08:00 WIB
loading...
Marcomm Megashifts
Managing Partner Inventure Yuswohady. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Yuswohady

Managing Partner Inventure


Pandemi Covid-19 tak hanya menyebabkan perubahan perilaku konsumen secara sangat mendasar, tapi juga mengubah cara marketer berkomunikasi dengan audiensnya. Selama setahun ini saya mengamati berbagai perubahan perilaku konsumen dan implikasinya bagi pemasaran, khususnya terkait komunikasi pemasaran.

Berikut ini adalah enam pergaseran besar (megashifts) komunikasi pemasaran (marcomm) yang saya temukan, yang mau tak mau akan memaksa setiap marketers untuk mengubah pendekatan dan strategi komunikasi yang mereka jalankan.

From COMPANY at the Center to CUSTOMER at the Center
“Put customers at the center of strategy give you a unified message + channel interactions. It leads you to their universe.”

Dalam paradigma komunikasi pemasaran lama, “brand adalah panglima” dimana brand DNA,brandidentity, ataubrand value propositiondirumuskan kemudian disebarkan ke target market. Konsumen menjadi obyek pasif yang “dihajar” dengan eksposur brand.



Ketika platform digital memungkinkan “konsumen menjadipanglima”, maka paradigma itu harus dibalik. Proses komunikasi pemasaran berawal dan berfokus pada konsumen. Marketer harus memahami keinginan konsumen berikutchannelinteraksinya, baru kemudian pesan disampaikan secaracustomisedbahkanpersoalizedke konsumen.

Dengan perubahan paradigma dari “company at the center” ke “customer at the center” maka pesan yang disampaikan ke konsumen akan relevan. Tak hanya itu, marketer akan memahami betul kehidupan konsumen secara holistik.

From HIGH-TOUCH to LOW-TOUCH
“In the low-touch economy,DIGITALexperience is the new mainstream. SPACEexperience still matters, butSCREENexperience is the key winning formula.”

Di era “low-touch economy” konsumen dipaksa oleh Covid-19 bermigrasi ke ranah digital. Karena itudigitalexperiencemenjadi elemen penting untuk menaklukkan hati konsumen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)