Wanita juga Bisa Lakukan Solo Traveling Kok, Ini Tipsnya!

Sabtu, 09 Januari 2021 - 16:31 WIB
loading...
Wanita juga Bisa Lakukan Solo Traveling Kok, Ini Tipsnya!
Melakukan solo traveling merupakan hal yang menyenangkan, tetapi banyak wanita yang ragu melakukannya. Nah, ada tips untuk menjalani liburan menyenangkan ini. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Melakukan solo traveling merupakan hal yang menyenangkan, tetapi banyak wanita yang ragu melakukannya. Nah, ada tips untuk menjalani liburan menyenangkan ini.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat wanita melakukan solo traveling. Artinya, perlu persiapan yang lebih matang. Ada beberapa tips yang membantu Anda untuk menjalani solo traveling. Berikut ulasannya; (Baca juga: Tips untuk Wanita yang Ingin Solo Traveling saat Liburan )

1. Kendalikan dengan baik perasaan homesick
Solo traveling itu cukup menyenangkan karena bisa 'me time' yang berkualitas. Tapi harus diingat, pada satu titik mungkin akan merasa kesepian, semacam perasaan homesick. Hal inilah yang harus dikontrol agar liburan tidak terganggu.

2. Selalu waspada terhadap kondisi di lingkungan sekitar
Karena sedang berkelana seorang diri, maka traveller harus berkonsentrasi penuh setiap saat. Selalu perhatikan barang bawaan dan letakkan tas di depan tubuh. Gunakanlah seluruh panca indera dengan baik.

3. Jangan buang-buang waktu untuk hal yang tidak penting
Saat berkelana seorang diri itu artinya traveller akan benar-benar mengandalkan diri sendiri sepenuhnya. Selalu perhatikan waktu agar perjalanan tetap sesuai rencana. Jangan sampai karena terlalu asyik di satu objek wisata, rencana yang lainnya menjadi berantakan.

4. Selalu buat rencana cadangan
Usahakan jangan hanya buat satu itinerary saja, tapi, buatlah beberapa itinerary alternatif. Karena ada banyak kendala yang mungkin saja dialami seperti macet, cuaca buruk, kemungkinan tersesat atau lain sebagainya. Pastikan memiliki daftar kontak darurat yang penting seperti kantor polisi dan rumah sakit.

5. Carilah tempat yang aman saat menjelang malam
Selain menentukan tempat mana saja yang hendak dikunjungi, traveller juga wajib untuk memperhitungkan waktu yang akan ditempuh selama perjalanan. (Baca juga: Berpelesir ke Bogor, Jangan Lewatkan 5 Wisata Air Terjun Eksotis Ini )

Buatlah itinerary se-deatail mungkin dan usahakan agar tetap sesuai rencana. Hal ini sangat berguna karena saat menjelang malam, sudah harus tiba di tempat menginap.

6. Berpikir, bertindak berpakaian layaknya warga lokal
Saat memutuskan untuk solo traveling, maka itu artinya telah merencanakan perjalanan dengan matang. Traveller harus tahu bagaimana kondisi alam, cuaca di tempat yang akan dikunjungi serta adat istiadatnya.

7. Percaya diri
Agar solo traveling berjalan lancar, hal pertama yang perlu dilakukan adalah percaya diri. Sebab, tanpa rasa percaya diri yang tinggi, sikap gugup justru dapat membahayakan diri sendiri.

Traveller bisa jadi panik atau bahkan dijadikan sasaran empuk bagi pelaku kriminal. Jadi, pastikan agar selalu berpikir positif dan optimis selama dalam perjalanan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)