BLT Emak-emak Disalurkan Empat Tahap, Bulan Ini Sudah Cair Nih

Senin, 11 Januari 2021 - 17:00 WIB
loading...
BLT Emak-emak Disalurkan Empat Tahap, Bulan Ini Sudah Cair Nih
Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK), Rachmat Koesnadi mengatakan, BLT ibu rumah tangga sudah dicairkan melalui Himbara. Program ini akan disasarkan pada 10 juta keluarga yang memenuhi kriteria. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK), Rachmat Koesnadi mengatakan, BLT ibu rumah tangga sudah dicairkan melalui Himbara. Program ini akan disasarkan pada 10 juta keluarga yang memenuhi kriteria. Indeks bantuan yakni Rp200 ribu/keluarga.

PKH akan disalurkan dalam empat tahap (Januari, April, Juli, dan Oktober) melalui Bank HIMBARA. "Sudah cair untuk PKH," ujar Rachmat saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (11/1/2021).

(Baca Juga: Disimak ya Bun, Begini Cara Cek BLT Ibu Rumah Tangga )

Lanjutnya, bantuan langsung tunai ini sudah diambil oleh para penerima yang membutuhkan. Ditambah serta sudah disalurkan dengan tepat sasaran.

(Baca Juga : Waspada, Apindo Nilai PPKM Bisa Timbulkan Kemunduran Ekonomi )

"Diperkirakan Lebih dari 8 Juta KPM (keluarga penerima manfaat) yang sudah cair, hari ini sedang ditarik datanya dari Himbara. Sebagian besar sudah diambil KPM PKH," tandasnya

Sebagai informasi ada tiga bansos yang akan disalurkan pemerintah yakni adalah bansos program keluarga harapan (PKH), program kartu sembako, dan bansos tunai.

(Baca Juga: Emak-emak Heboh, BLT Ibu Rumah Tangga Kapan Cair? )

Rincinya, PKH dengan anggaran Rp 7,17 triliun disalurkan untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Program kartu sembako dengan anggaran sebesar Rp 3,76 triliun untuk 18,8 juta KPM. Program bansos tunai dengan anggaran Rp 13,93 triliun untuk 10 juta KPM.

"Pemerintah telah menyiapkan anggaran di tahun 2021 sebesar Rp 110 triliun untuk program bantuan sosial bagi seluruh penerima di 34 provinsi di Indonesia dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi COVID-19 serta menggerakkan ekonomi nasional," dikutip dari Instagram Kemensos, Sabtu (9/1/2020).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)