Hari Pertama Vaksinasi Covid-19 Bawa Angin Segar Untuk IHSG

Rabu, 13 Januari 2021 - 10:04 WIB
loading...
Hari Pertama Vaksinasi Covid-19 Bawa Angin Segar Untuk IHSG
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto/Dok SINDOphoto/Astra Bonardo
A A A
JAKARTA - Hari ini ada momen bersejarah yaitu hari pertama vaksinasi Covid-19 dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin Sinovac.

Dari segi market, analis PT MNC Sekuritas Catherine Vincentia mengatakan bahwa market masih benar-benar didorong optimisme vaksin, dengan penutupan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin menguat terbatas.

"Itu sebenarnya ada rilis data yang memburuk, yaitu turun 16,3% year-on-year (yoy), terendah kedua sejak Juni. Namun kita lihat, investor sebenarnya juga tidak terlalu menanggapi, masih berpikir bahwa adanya vaksinasi ini merupakan sentimen positif, membawa harapan bahwa prospek akan membaik di masa mendatang," ungkap Catherine dalam IDX Channel Live Market Opening di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

( )

Bahkan, sejak awal Januari hingga sekarang, IHSG belum mengalami penurunan, masih menghijau. Begitu pula dengan net foreign buy, ada sekitar Rp7 triliun yang masuk ke Indonesia.

"Untuk IHSG hari ini diperkirakan melanjutkan penguatannya mengarah 6.400-6.550. Namun, masih juga kami perkirakan akan terkoreksi sehat di bulan Januari," ungkap Catherine.

Diperkirakan akan ada koreksi sehat atau technical correction minor di level 6200-6300. "Memang kami lihat, dari segi global masih dari tensi politik yaitu pemakzulan Joe Biden. Tapi investor juga melihat rolling out vaksin secara global, apalagi di Inggris sudah melakukab vaksinasi terhadap 2 juta penduduk," tambahnya.

( )

Dari global sendiri pun ada positifnya, kemenangan partai Demokrat itu adalah solid blue suit, dimana partai Demokrat akan memimpin pemerintahan AS. "Positifnya akan meningkatkan stimulus yang berdampak ke emerging market," tandas Catherine.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)