Bukan Anak Konglomerat, Erick Thohir Kenang Masa Kecil Temani Ibu Jualan Baju

Minggu, 17 Januari 2021 - 07:07 WIB
loading...
Bukan Anak Konglomerat, Erick Thohir Kenang Masa Kecil Temani Ibu Jualan Baju
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Nama Erick Thohir memang dikenal masyarakat luas sebagai seorang pebisnis ulung di Tanah Air. Saat ini dia bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kisah pahit kehidupan Erick terkesan hambar karena mayoritas masyarakat dan media massa hanya menyoroti dan mengenali dirinya sebagai lelaki yang lahir dari keluarga pebisnis. Ayahnya, Teddy Thohir, bersama William Soeryadjaya adalah pemilik Grup Astra International.

Erick Thohir memang menyelesaikan pendidikan sarjana (SI) dari Glendale University, lalu meraih magister Administrasi Bisnis (S2) dari Universitas Nasional California. Dia kemudian lulus pada tahun 1993.

( )

Karirnya di dunia bisnis terbilang sangat gemilang. Dari sejumlah sumber yang diperoleh MNC News Portal, dia tercatat pernah menjadi pendiri Mahaka Group bersama Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan) dan sejumlah rekan bisnisnya.

Di dunia olahraga, Erick membeli klub sepakbola Internasional, Inter Milan, dari Massimo Moratti pada Oktober 2013. Sejak saat itu dia menjabat sebagai presiden Nerazzurri. Meski begitu, sejak 2016 lalu, Erick melepas sebagian saham Inter Milan kepada perusahaan China, Suning Group.

( )

Bahkan, lelaki kelahiran Jakarta 1970 itu pun pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) periode 2006-2010. Dia pun terpilih menjadi Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) selama dua periode atau pada 2006-2010 dan 2010-2014.

Sebelumnya Erick sudah merintis bisnisnya di bidang olahraga. Di mana, dia mendirikan klub Bola Basket Mahaka Satria Muda Jakarta dan Mahaputri Jakarta. Pembentukan klub basket itu diiringi dengan keinginannya menjadikan olahraga sebagai kebutuhan dan bisnis.

Meski begitu, dibalik suksesnya Menteri BUMN tak banyak yang tahu jika Erick pernah menelan pil pahit di masa kecilnya. Di depan sejumlah karyawan dan nasabah PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, dia menuturkan separuh kisahnya itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)